Show simple item record

dc.contributor.advisorNarayana Mahendra Prasetya
dc.contributor.author15321200 Rizqi Gusti Dwilaksana
dc.date.accessioned2021-06-10T02:34:14Z
dc.date.available2021-06-10T02:34:14Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/29104
dc.description.abstractKabupaten indramayu merupakan salah satu kabupaten yang sangat berpotensi dalam bidang pariwisata, tetapi tingkat kunjungan dan pembangunan pariwisata masih terbilang rendah dan tertinggal dibanding kabupaten wisata yang mempunyai potensi serupa. Di era modern seperti sekarang, segala sumber informasi yang diberikan dapat mudah diakses melalui media sosial, itulah mengapa peneliti mengadakan penelitian terkait bagaimana pemanfaatan media berbasis internet yang dilakukan oleh para pelaku pariwisata. Terdiri dari lima kelompok diantaranya adalah, akademisi, pebisnis, komunitas, pemerintah, dan media, peneliti hanya mengambil dua pelaku pariwisata yang terlihat paling aktif dalam memanfaatkan media internet untuk mempromosikan pariwisata Kabupaten Indramayu, yaitu Komunitas dan Pemerintah. Pada komunitas, peneliti mengambil sample pada akun Instagram @exploreindramayu dan @indramayubanget. Kemudian untuk pemerintah sendiri peneliti mengambil sample dengan akun Instagram @Diskominfoindramayu. Peneliti sudah melakukan penelitian tentang bagaimana pemanfaatan media berbasis internet oleh kedua kelompok pelaku pariwisata tersebut. Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana para pelaku pariwisata memanfaatkan media internet tersebut, lalu faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penyebaran promosi pariwisata tersebut. Dengan sample yang diambil adalah media Instagram yang para pelaku pariwsata tersebut gunakan. Penelitian ini telah menghasilkan temuan-temuan penting diantaranya, seiring berkembangnya zaman, kedua komunitas memanfaatkan media berbasis internet ini menjadi sebuah bentuk promosi komersil yang baru. Lalu bagi pemerintah sendiri mau tidak mau dalam memberikan kegiatan pimpinan daerah dan segala aturan-aturan baru melalui media internet. Hasilnya dari ketiga objek penelitian yang peneliti ambil ini memberikan hasil yang sangat memuaskan dengan alasan yang berbeda-beda. Seperti pada Instagram indramayu banget adalah salah satu akun personal yang dikelola secara perorangan, berbeda dengan akun komunitas yang dikelola oleh explore indramayu yang memang dikelola secara berkelompok dan sekarang diperuntukan untuk media promosi komersil. Walaupun dari kedua akun tersebut berbeda cara pengelolaannya, dalam hal popularitas di Kabupaten Indramayu sendiri, kedua akun ini terbilang cukup terkenal dikalangan masyrakat terutama anak muda dalam mencari informasi pariwisata di Kabupaten Indramayu. Diskominfo yang memang termasuk dalam bagian pemerintah menjadikan segala kegiatan mereka sebagai pekerjaan yang mana memberikan informasi kepada masyarakat. Faktor pendukung yang didapat pada kedua akun Instagram komunitas adalah kemudahan yang didapat dari internet dan antusias masyarakat dalam meningkatkan eksistensi mereka menjadikan konten yang mereka hasilkan terbilang mudah, karena konten yang mereka posting di akun Instagram mereka, merupakan hasil dari masyarakat Kabupaten Indramayu itu sendiri. Bagi pemerintah yang mendorong dari penyebaran pariwisata adalah kecepatan informasi yang didapat, diskominfo selaku pemerintah mendapatkan berita yang update dibandingkan media-media lain, terutama dalam hal pariwisata. Faktor penghambat yang dirasakan oleh seluruh pelaku pariwisata adalah Sumber daya manusianya yang kurang dan kesadaran masyarakat yang kurang akan perlunya memajukan dan bangga akan wisata yang dimiliki oleh daerah mereka sendiri. Kemudian adalah sumber daya alamnya. Indramayu yang dikelilingi garis pantai sejauh 144 km menjadikan kurang variatif objek pariwisatanya, terbatas akan wisata pantai dan air saja. Kemudian faktor terbatasnya pariwisata tersebut menyebabkan para komunitas keterbatasan konten. Sehingga tidak jarang konten mereka akan terlihat monoton yang menyebabkan kejenuhan masyarakat itu sendiri.en_US
dc.publisherSocial Media Marketing (Pemasaran Melalui Media Sosial) Bidang Pariwisata di Kabupaten Indramayuen_US
dc.subjectMediaen_US
dc.subjectInterneten_US
dc.subjectPromosien_US
dc.subjectPariwisataen_US
dc.subjectPelaku Pariwisataen_US
dc.titleSocial Media Marketing (Pemasaran Melalui Media Sosial) Bidang Pariwisata di Kabupaten Indramayuen_US
dc.Identifier.NIM15321200


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record