PENGARUH PERSEPSI DAN PERILAKU PENGUSAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH TERHADAP EKSISTENSI BAITUL MAL WA TAMWIL (BMT) DI KECAMATAN SUKOHARJO
Abstract
Keberadaan lembaga keuangan mikro syariah khususnya Baitul Mal Wa
Tamwil (BMT) belum sepenuhnya diketahui oleh masyarakat. Persepsi dan
perilaku pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan
Sukoharjo mengenai BMT masih minim, karena kurangnya pengetahuan dan minat
terhadap BMT. Hal tersebut mengakibatkan eksistensi BMT belum maksimal.
Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh persepsi dan
perilaku pengusaha mikro kecil terhadap eksistensi Baitul Mal Wa Tamwil (BMT)
di Kecamatan Sukoharjo dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Variabel
yang digunakan adalah variabel X (persepsi), variabel Y (eksistensi), dan variabel
intervening (perilaku). Sumber data yang digunakan adalah data primer yang
menggunakan kuisioner untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Dengan
populasi seluruh pengusaha mikro kecil dan menengah di Kecamatan Sukoharjo.
Metode pengambilan sampel menggunakan metode non-probability. Teknik
analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana
dan regresi linear berganda, kemudian dilakukan analisis menggunakan analisis
jalur dan uji sobel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi
berpengaruh positif terhadap perilaku, persepsi secara langsung berpengaruh positif
terhadap eksistensi BMT, persepsi melalui perilaku berpengaruh positif terhadap
eksistensi BMT.
Collections
- Islamic Economics [827]