PENERAPAN METODE AS-SAM’IYYAH ASY-SYAFAWIYAH DAN DAMPAKNYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI BAHASA ARAB SISWA KELAS 9A MTSN 9 SLEMAN
Abstract
Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur‟an yang sudah tidak asing di kalangan
umat Muslim sedunia. Seiring berkembangnya zaman, bahasa Arab sudah
dianggap penting untuk dipelajari. Bahkan pembelajaran bahasa Arab tidak hanya
dilakukan ketika mengaji saja, akan tetapi sudah menjadi mata pelajaran wajib di
beberapa sekolah tertentu. Dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas, tentunya
diperlukan metode pembelajaran yang tepat agar siswa dapat memahami dan
tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Salah satunya dengan
diterapkannya metode audiolingual atau as-sam’iyyah asy-syafawiyah. Oleh
karena itu, penelitian ini akan mengungkap: 1. Bagaimana penerapan metode assam’iyyah
asy-syafawiyah dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas 9A di
MTsN 9 Sleman?, 2. Bagaimana dampak dari penerapan metode as-sam’iyyah
asy-syafawiyah terhadap kemampuan memahami materi bahasa Arab pada kelas
9A di MTsN 9 Sleman?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode as-sam’iyyah
asy-syafawiyah dan dampaknya terhadap kemampuan memahami materi bahasa
Arab bagi siswa kelas 9A di MTsN 9 Sleman. Penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru mata pelajaran
Bahasa Arab dan beberapa siswa kelas 9A. Penentuan informan dalam penelitian
ini yaitu menggunakan teknik purposive. Metode pengumpulan data dilakukan
dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan
dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode as-sam’iyyah
asy-syafawiyah dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas 9A MTsN 9 Sleman
cukup menarik karena dipadukan dengan disiplin belajar sehingga pembelajaran
menjadi lebih efektif dan terfokus. Namun demikian, kemampuan akhir setiap
anak menemui beberapa perbedaan karena dipengaruhi oleh beberapa faktor
tertentu salah satunya faktor kegiatan pembelajaran di kelas yang kurang kondusif
sehingga diperlukan ketegasan tertentu dalam penerapannya. Akan tetapi secara
garis besar penerapan metode ini memiliki dampak postif yang cukup baik untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi bahasa Arab.
Collections
- Islamic Education [864]