HAMBATAN GURU TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL DI MTS YAPI PAKEM
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu alat yang digunakan guru untuk
mempermudah proses belajar mengajar di sekolah, terutama media audio visual
sebagai fasilitas media pembelajaran yang sudah diberikan oleh pihak sekolah.
Namun masih ada beberapa guru yang masih belum atau tidak menggunakan
media audio visual sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran. Tujuan
penelitian ini akan mengungkap: 1. Hambatan guru dalam penggunaan media
pembelajaran berbasis audio visual di MTs YAPI Pakem, 2. Solusi yang dapat
dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam penggunaan media audio visual di
MTs YAPI Pakem.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini
adalah guru yang memiliki hambatan terhadap penggunaan media audio visual di
MTs YAPI Pakem. Teknik yang digunakan dalam menentukan informan
penelitian ini yaitu menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu jenis dari
sampel non probabilitas atau di tentukan sendiri oleh peneliti. Teknik
pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Keabsahan
datanya menggunakan triangulasi
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya beberapa Hambatan yang
dihadapi guru dalam penggunaan media audio visual yaitu kurangnya
pengetahuan guru, kurangnya keterampilan guru, kurangnya waktu, serta merasa
nyaman dengan metode lain. Upaya atau usaha yang dapat dilakukan untuk
mengatasi hambatan yang terjadi pada guru ketika menggunakan media audio
visual adalah yang pertama dapat dimulai dari Belajar secara mandiri, dan
melakukan pelatihan yang menyangkut ilmu teknologi.
Collections
- Islamic Education [905]