ANALISIS KECERDASAN SPIRITUAL DANKECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 LUMAJANG
Abstract
Latar Belakang penelitian ini bahwa kecerdaan spiritual dan kecerdasan
emosional amatlah penting bagi peserta didik dapat membantu siswa dalam
menghadapi dan memecahkan permasalahan yang dialami dalam kehidupan seharihari
di lingkungan sosialnya terutama. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan
bagaimana gambaran dan faktor apa saja yang mendukung perkembangan kecerdasan
spiritual dan kecerdasan emosional peserta didik di SMPN 1 Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk dalam jenis
deskriptif kuantitatif. Lokasi dari penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Lumajang,
dengan responden penelitiannya adalah peserta didik kelas 8. Penentuan sampel
menggunkan teknik simple random sampling. Variabel yaang digunakan dalam
penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu kecerasan spiritual dan kecerdasan
emosional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang
pengambilan datanya disebarkan kepada reponden secara online menggunakan google
form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi deskriptif kuantitatif .
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Data distribusi frekuensi diatas
diperoleh sebanyak 47 anak (30%) Tinggi antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan
emosional, 82 anak (52%) cukup cukup tinggi antara kecerdasan spiritual dan
kecerdasan emosional, 26 anak (16%) kurang tinggi antara kecerdasan spiritual dan
kecerdasan emosional, 3 anak (2%) tidak tinggi antara kecerdasan spiritual dan
kecerdasan emosional. Nilai rata – rata sebesar 110,26 yang terletak pada interval 100
< X ≤ 116,5, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kecerdasan spiritual dan
kecerdasan emosional peserta didik di SMPN 1 Lumajang adalah cukup tinggi.
Collections
- Islamic Education [862]