PENERAPAN METODE A MA BA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA ANAK TUNARUNGU DI TPA IQRO’ NUR ‘AINI BANTUL
Abstract
etiap manusia mempunyai kedudukan yang sama dalam hal untuk
mendapatkan pendidikan dan pengajaran. Anak bekebutuhan khusus juga memiliki
hak dalam mendapatkan pendidikan dan pengajaran khususnya dalam menghafal
Al-Qur’an. Metode menghafal Al-Qur’an yang baik akan membantu Anak
Tunarungu dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana proses, hasil, dan dampak penerapan metode A MA BA dalam
menghafal Al-Qur’an di TPA Iqro’Nur Aini
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan grounded theory.
Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini adalah Metode A MA
BA dan Menghafal Al-Qur’an. Teknik Analisis data yang digunakan pada
penelitian ini bersifat sistematis dan mengikuti format standar yaitu pengodean
terbuka, pengodean berporos, dan pengodean selektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan Metode A MA BA
dalam menghafal Al-Qur’an pada anak tunarungu di TPA Iqro’ Nur ‘Aini harus
melalui tahapan asesmen terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan anak dan
ditindaklanjuti dengan terapi wicara. Hasilnya adalah anak tunarungu mendapatkan
6 keunggulan secara bersamaan yaitu anak bisa membaca tulisan arab, anak bisa
membaca tulisan latin, anak bisa menulis dengan tulisan arab, anak bisa menulis
tulisan latin, kemampuan wicara meningkat, dan anak juga bisa juga berisyarat.
Kendalanya adalah anak tunarungu terkadang suaranya hilang karena belum
mampu mengontrol suara dan terkadang lupa kosakata. Untuk mengatasi kendala
tersebut adalah dibantu dengan kode atau isyarat yang ada di dalam buku Metode
A MA BA.
Collections
- Islamic Education [882]