PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DAN UPAYA MENGATASINYA PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 SLEMAN
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya problematika pembelajaran
aqidah akhlak yang ada di sekolah. Pada era ini masih ditemukannya siswa – siswi
di sekolah yang kurang memperhatikan akhlak ketika bertemu dengan orang lain.
Guru sebagai seorang pendidik diharapkan mampu mengatasi problematika
tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran
aqidah akhlak serta bagaimana upaya dalam mengatasinya pada Madrasah Aliyah
Negeri 1 Sleman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif.
Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN)
1 Sleman. Adapun teknik penentuan penelitian ini menggunakan purposive
sampling, sedangkan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul di analisis menggunakan
reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu pada proses pembelajaran aqidah akhlak di
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sleman adalah sebagaimana proses
pembelajaran pada umumnya. Metode yang digunakan ketika pembelajaran seperti
mengamati, diskusi, dan tanya jawab. Sarana dan prasarana yang digunakan juga
sudah cukup lengkap. Problematika pembelajan aqidah akhlak yang sering terjadi
seperti pada kurangnya minat belajar, kurangnya penerapan materi pada kehidupan
sehari – hari, kemudian pada metode pembelajaran yang kurang menyenangkan
bagi siswa, serta pengaruh lingkungan yang buruk. Upaya yang dilakukan guru
untuk mengatasi problematika pembelajaran aqidah akhlak pada kelas XI yaitu
dengan memberikan motivasi nasihat, memberikan contoh perilaku yang baik serta
memahami karakteristik siswa. Sedangkan upaya yang dilakukan sekolah adalah
dengan menerapkan peraturan – peraturan yang ketat dan mengadakan kegiatan –
kegiatan islami.
Collections
- Islamic Education [864]