PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 MANGGAR
Abstract
Proses pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan
aktivitas dan kreativitas peserta didik melalui interaksi dan pendekatan yang
diberikan oleh guru untuk pengembangan kreativitas peserta didik. Namun pada
kenyataannya guru lebih menekankan kegiatan pembelajaran dalam ranah kognitif
saja sehingga aspek-aspek lainnya seperti ranah afektif dan psikomotorik kurang
mendapatkan perhatian oleh guru dan peserta didik hanya memfokuskan
pembelajarannya pada taraf pengetahuan saja. Hal ini disebabkan karena suasana
kelas yang cenderung berpusat pada guru, meskipun guru sudah memakai media
dalam pembelajaran namun guru kurang optimal dalam mengadakan variasi
metode pembelajaran, maka dari itu solusinya dengan cara menerapkan strategi
pembelajaran yang mampu memotivasi siswa, membuat siswa aktif dan memiliki
tanggung jawab akan tugasnya serta menghargai orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan
penerapan strategi pembelajaran mind mapping. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu terdapat kegiatan
siklus I dan siklus II dengan desain penelitian yang digunakan terdiri dari 4
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Objek dari
penelitian ini ialah peserta didik kelas XI 5 di SMAN 1 Manggar. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
kualitatif.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi mind
mapping dapat meningkatkan pemahaman siswa di kelas XI 5. Hal tersebut
ditunjukkan dengan hasil dalam mengerjakan soal-soal evaluasi pembelajaran
yaitu terdapat peningkatan dari setiap proses kegiatan dari siklus I dengan jumlah
rata-rata 93,84 menjadi 98,46 pada siklus II. Hasil penelitian ini dapat menjadi
rekomendasi bagi pihak sekolah, guru, siswa dan peneliti untuk mengembangkan
proses pembelajaran PAI yang lebih menarik dan menyenangkan sehingga dapat
menumbuhkan dan meningkatkan pemahaman siswa.
Collections
- Islamic Education [862]