PERSEPSI GURU TENTANG KONSEP MERDEKA BELAJAR MENDIKBUD NADIEM MAKARIM DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS NEGERI 3 SLEMAN
Abstract
Kebijakan baru yang dicetuskan Mendikbud Nadiem Makarim ketika masa
awal jabatannya menimbulkan persepsi di semua kalangan masyarakat terkhusus
bidang pendidikan, oleh karena itu peneliti ingin mengangkat dan mencari tahu
persoalan tersebut di salah satu lembaga pendidikan yang berlokasi di MTs N 3
Sleman untuk mengetahui pandangan guru PAI tentang konsep Merdeka Belajar
Mendikbud tersebut. Merdeka Belajar adalah kemerdekaan berpikir, yang berawal
dan berakhir dari guru, beliau mengajak elemen pendidikan untuk berperan serta
memajukan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
persepsi dan pelaksanaan guru tentang konsep Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem
Makarim dalam Pendidikan agama islam di MTs N 3 Sleman.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk
mendeskriptifkan fenomena suatu kondisi dilapangan, Informal penelitian ini
menggunakan teknik Purposive sampling, dan teknik pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan teknik
analisis yaitu Reduction, display, dan Verification.
Hasil penelitian ini adalah : 1) para guru PAI di MTs N 3 Sleman, memiliki
persepsi positif tentang konsep Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim yang
tercermin pada kesediaan mengikuti kebijakan yang ada, 2) Pembuatan Rencana
Pelaksanan Pembelajarn (RPP) dengan konsep Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem
Makarim dilakukan dengan langkah-langkah seperti mengadakan Workshop,
peningkatan kompetensi, dan mutu guru, misalnya pembinaan dari pengawas,
Kasidik, dan MGMP, 3) Pelaksanaan Pembelajaran aktif secara daring dilakukan
dengan memperbanyak teknik pembelajaran interaktif dan komunikatif, dengan
menggunakan media pembelajaran.
Collections
- Islamic Education [864]