RELIGIUSITAS REMAJA YANG KECANDUAN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS DI DESA SRIWEDARI KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG PROVINSI JAWA TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan religiusitas
remaja yang kecanduan game online di Desa Sriwedari Kecamatan Muntilan
Kabupaten Magelang
Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan metode Deskriptif
analitik korelasional dan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik yang
digunakan dalam pengambilan sampel adalah total populasi. Metode
Pengumpulan Data yang digunakan adalah kuisioner dan studi pustaka.
Hasil penelitian diketahui bahwa game online berdampak pada perilaku
keagamaan remaja di Desa Sriwedari. Dalam penelitian ini lebih fokus pada
perilaku seseorang yang didasari pada dimensi keyakinan yang menyangkut pada
keyakinan seseorang terhadap ajaran agamanya serta dimensi keyakinan ini erat
kaitannya sama keyakinan seseorang, dimensi peribadatan (ritualistic) dimensi ini
yaitu mengarah pada pengalaman-pengalaman ibadah khususnya, supaya
mengetahui sejauh mana rutinitas seseorang dalam melaksanakan ibadah-ibadah
yang sudah ditetapkan dalam agamanya, dimensi konsekuensial (penerapan) yaitu
berkaitan dengan tingkatan seseorang dalam berperilaku sesuai dengan ajaran
agamanya. Banyak perilaku keagamaan remaja desa Sriwedari tidak sesuai
dengan ajaran agamanya karena sudah terpengaruh dengan game online tersebut.
Seperti melalaikan ibadah shalat 5 waktu, berkata yang tidak sopan, kurangnya
bersosialisasi dengan tetangga sekitar. Oleh karena itu, remaja lebih selektif dalam
memilih dan memilah game online.
Hasil penelitian di dapatkan bahwa dimensi keyakinan responden adalah berada
pada tingkat baik, dimensi praktek agama responden adalah berada pada tingkat
baik, dimensi pengalaman responden adalah berada pada tingkat baik, dimensi
pengetahuan agama responden adalah berada pada tingkat cukup baik.
Berdasarkan analisis data didapatkan bahwa variabel religiusitas responden adalah
berada pada tingkat baik
Collections
- Islamic Education [862]