ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SAYURAN PADA TOKO SAYUR DI YOGYAKARTA PADA MASA WABAH COVID-19 (Studi Kasus di Toko Sayur di Sleman dan Bantul, Yogyakarta)
Abstract
Pandemi Covid-19 telah menjadi permasalahan yang serius karena sudah menyebar
hampir ke seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia yang berdampak pada berbagai
sektor ekonomi dan juga hampir semua elemen masyarakat. Hal tersebut salah satunya
berdampak pada perilaku konsumen pembelian sayuran pada toko sayur. Perilaku
konsumen adalah gambaran yang menunjukkan suatu penjelasan tentang apa yang
menjadi keinginan kebutuhan konsumen baik dalam jangka pendek dan jangka panjang
sekalipun. Dikarenakan dampak dari Covid-19 pada perilaku konsumen pembelian
sayuran pada toko sayur, maka perlu dilakukan penelitian mengenai perilaku
konsumen terhadap keputusan pembelian sayuran pada saat terjadinya wabah Covid19,
apakah
terdapat
perubahan
perilaku
konsumen
dalam
menentukan
konsumsi
sayur
dan
memilih
pembelian
sayuran
untuk
dibeli
pada
toko
sayur
di
Yogyakarta
dengan
menggunakan
metode
SEM
(Structural Equation Model). SEM merupakan model
statistik yang memberikan perkiraan perhitungan dari kekuatan hubungan hipotesis
diantara variabel dalam sebuah model teoritis. Hasilnya menunjukkan bahwa faktor
yang paling mempengaruhi perilaku konsumen disaat pandemi terhadap keputusan
pembelian produk sayuran di toko sayur yaitu variabel Harga kemudian diikuti variabel
Motivasi, sedangkan untuk variabel Product_Quality dan Process_Quality hanya
berpengaruh kecil terhadap keputusan pembelian produk sayuran di toko sayur.
Indikator yang menjadi perhatian konsumen pada harga yaitu kesebandingan harga
dengan kualitas dan pada motivasi yaitu kebiasaan konsumsi sayur.
Collections
- Industrial Engineering [2224]