IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan berdampak pada dunia
membuat kementrian Pendidikan dan kebudayaan dan kementrian Agama
Republik Indonesia menerapkan kebijakan belajar dan bekerja dari rumah (Work
from home). Menyikapi kebijakan tersebut maka MAN 2 Sleman mengadakan
sosialisasi E-Learning dan di dalam acara tersebut MAN 2 Sleman menyatakan
siap untuk pembelajaran E-Learning pada saat pandemi Covid-19 ini. oleh karena
itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi
Pembelajaran E-Learning pada saat pandemi Covid-19 di MAN 2 Sleman sudah
mengimplementasi atau belum setelah dilakukanya sosialisasi tersebut
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengambilan data dengan melakukan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Informan penelitiannya sendiri berjumlah 23: kepala madrasah, 6
guru dan 16 peserta didik. Teknik penentuan informan menggunakan purposive
sampling dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pembelajaran E-
Learning pada saat pandemi Covid-19 di MAN 2 Sleman Yogyakarta setelah
melakukan soaliasi, sudah mampu mengimplementasikan pembelajaran Elearning
dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan melakukan 3 tahapan: tahap
persiapan, tahap pelaksanaan dan tahapan evaluasi. Namun, terdapat beberapa
kendala seperti belum maksimalnya sumber daya manusia dalam pembelajaran Elearning
dan kuota internet yang terbatas bagi peserta didik.
Collections
- Islamic Education [864]