PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SPIRITUALITAS SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 SAMARINDA
Abstract
Peranan keluarga sangat besar dalam pengembangan dan penanaman nilai
spiritualitas kepada anak. Disisi lain sekolah menjadi bagian dari proses ini sehingga
banyak keluarga yang memberikan hak penuh kepada sekolah. Selain peran keluarga
yang sangat penting, peran seorang guru dan pihak sekolah juga sangat dibutuhkan,
dikarenakan SMP Negeri 3 Samarinda masih kurangnya transformasi pengetahuan
yang begitu banyak dalam spiritualitas kepada siswa.keberadaan siswa dan guru
yang secara relavan sesuai dengan keadaan peneliti sewaktu berada di sekolah
tersebut. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan dan memaknai Pengaruh
Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Spiritualitas Siswa Kelas
VII di SMPn 3 SAMARINDA.
Pendekatan yang digunakan dalam pendekatan kuantitatif, yaitu data
penelitian meliputi angka-angka dan analisis menggunakan statistic. responden yang
akan di ambil pada penelitian ini adalah Siswa SMPn kelas VIII. peneliti menetapkan
2 variabel penelitian yang terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas (Indevenden)
pengaruh Efektivitas Pelajaran siswa sebagai proses pembelajaran di dalam kelas. dan
variabel terikat (devenden) Spiritualitas siswa.
Hasil penelitian data dan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa
Pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 23.4% terhadap
spiritualitas para siswa, dari hasil perhitungan nilai Fhitung 30,520 dan Ftabel 3,94
pada taraf signifikan 5%. Data signifikan dapat dilihat dari taraf kesalahan 5%
ɑ<0,05 dengan taraf signifikansi 0,000<0,05 maka Ha ditolak dan Ho diterima
“efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam diduga tidak berpengaruh
terhadap spiritualitas” yang berarti tingkat pembelajaran pendidikan agama islam
berpengaruh terhadap spiritualitas siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Samarinda.
Collections
- Islamic Education [864]