Show simple item record

dc.contributor.advisorProf. Riyanto
dc.contributor.author16614033 Hafid Zain
dc.date.accessioned2021-06-04T08:51:40Z
dc.date.available2021-06-04T08:51:40Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/28902
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui ada perbedaan yang signifikan penerapan metode pembelajaran Brainstorming terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi kesetimbangan kimia di SMA Muhammadiyah Boarding School tahun ajaran 2020/2021; dan 2) mengetahui perbedaan yang signifikan penerapam metode pembelajaran Brainstorming terhadap kemampuan komunikasi peserta didik pada materi kesetimbangan kimia di SMA Muhammadiyah Boarding School tahun ajaran 2020/2021. Sampel dari penelitian 40 peserta didik yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan metode Brainstorming dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal untuk instrumen prestasi belajar ranah pengetahuan dan teknik non tes berupa lembar observasi untuk instrumen kemampuan komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan penerapan metode pembelajaran Brainstorming dan metode konvensional terhadap prestasi belajar peserta didik di kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah Boarding School; 2) Terdapat perbedaan yang signifikan penerapan metode pembelajaran Brainstorming dan metode konvensional terhadap kemampuan komunikasi peserta didik di kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah Boarding School.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBrainstormingen_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.subjectKemampuan Komunikasien_US
dc.subjectKestimbangan Kimiaen_US
dc.titlePenerapan Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMA Muhammadiyah Boarding School Tahun Ajaran 2019/2020en_US
dc.Identifier.NIM16614033


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record