Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMA Muhammadiyah Boarding School Tahun Ajaran 2019/2020
dc.contributor.advisor | Prof. Riyanto | |
dc.contributor.author | 16614033 Hafid Zain | |
dc.date.accessioned | 2021-06-04T08:51:40Z | |
dc.date.available | 2021-06-04T08:51:40Z | |
dc.date.issued | 2020 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/123456789/28902 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui ada perbedaan yang signifikan penerapan metode pembelajaran Brainstorming terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi kesetimbangan kimia di SMA Muhammadiyah Boarding School tahun ajaran 2020/2021; dan 2) mengetahui perbedaan yang signifikan penerapam metode pembelajaran Brainstorming terhadap kemampuan komunikasi peserta didik pada materi kesetimbangan kimia di SMA Muhammadiyah Boarding School tahun ajaran 2020/2021. Sampel dari penelitian 40 peserta didik yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan metode Brainstorming dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal untuk instrumen prestasi belajar ranah pengetahuan dan teknik non tes berupa lembar observasi untuk instrumen kemampuan komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan penerapan metode pembelajaran Brainstorming dan metode konvensional terhadap prestasi belajar peserta didik di kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah Boarding School; 2) Terdapat perbedaan yang signifikan penerapan metode pembelajaran Brainstorming dan metode konvensional terhadap kemampuan komunikasi peserta didik di kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah Boarding School. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Brainstorming | en_US |
dc.subject | Prestasi Belajar | en_US |
dc.subject | Kemampuan Komunikasi | en_US |
dc.subject | Kestimbangan Kimia | en_US |
dc.title | Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMA Muhammadiyah Boarding School Tahun Ajaran 2019/2020 | en_US |
dc.Identifier.NIM | 16614033 |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Chemistry Education [326]