Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMA Muhammadiyah Boarding School Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui ada perbedaan yang signifikan
penerapan metode pembelajaran Brainstorming terhadap prestasi belajar peserta
didik pada materi kesetimbangan kimia di SMA Muhammadiyah Boarding School
tahun ajaran 2020/2021; dan 2) mengetahui perbedaan yang signifikan penerapam
metode pembelajaran Brainstorming terhadap kemampuan komunikasi peserta
didik pada materi kesetimbangan kimia di SMA Muhammadiyah Boarding School
tahun ajaran 2020/2021. Sampel dari penelitian 40 peserta didik yang terbagi
menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan metode Brainstorming dan
kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik tes berupa soal untuk instrumen prestasi belajar ranah
pengetahuan dan teknik non tes berupa lembar observasi untuk instrumen
kemampuan komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:
(1) Terdapat perbedaan yang signifikan penerapan metode pembelajaran
Brainstorming dan metode konvensional terhadap prestasi belajar peserta didik di
kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah Boarding School; 2) Terdapat perbedaan
yang signifikan penerapan metode pembelajaran Brainstorming dan metode
konvensional terhadap kemampuan komunikasi peserta didik di kelas XI MIPA
SMA Muhammadiyah Boarding School.
Collections
- Chemistry Education [324]