Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Pemoderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai pemoderasi pada perusahaan maufaktur sector industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dan menghasilkan jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan sehingga terdapat 55 sampel observasi. Data yang digunkanan merupakan data sekunder yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia dan Yahoo Finance. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, 2) Likuiditas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, 3) Kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, 4) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh dalam hubungan antara profitabilitas dengan nilai perusahaan, 5) Ukuran perusahaan berpengaruh negatif dalam hubungan antara likuiditas dengan ukuran perusahaan, 6) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh dalam hubungan antara kebijakan dividen dengan nilai perusahaan.
Collections
- Akuntansi [4660]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Perusahaan di Website Perusahaan Manufaktur di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bei Tahun 2011-2013)
Viviyanchi (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-13)This study aims to analyze the relationship of web disclosure with manufactured company characteristic namely, profitability, public ownership, firm’s size, and manager ownership. The research object is the entire ... -
ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ 45 Indonesia Tahun 2012-2016)
Maulidya Nayahita, 14312124 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan terhadap corporate social responsibility yang terdaftar ... -
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Periode 2013 – 2017)
Audy Rifchita Putri, 14312401 (Universitas Islam Indonesia, 2019-01-18)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini ...