Representasi Self Presentation Personality sebagai Content Creator (Studi Semiotika terhadap Jovi Adhiguna Hunter dan Noe Row di YouTube)
Abstract
Penelitian ini berjudul Representasi Self Presentation Personality sebagai Content Creator (Studi Semiotika terhadap Jovi Adhiguna Hunter dan Noe Row di YouTube). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Jovi Adhiguna dan Noe Row mempresentasikan diri mereka sebagai content creator didalam vlog mereka di channel YouTube-nya nya berdasarkan denotasi, konotasi mitos yang ada. Dalam hal ini peneliti menggunakan beberapa teori yang relevan dengan penelitian ini seperti representasi, self presentation personality, semiotika, semiotika Roland Barthes.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis data yaitu analisis semiotika Roland Barthes. Barthes memukakan sebuah konsep tentang konotasi dan denotasi sebagai kunci dari analisis semiotika nya dengan mendefinisikanِ sebuahِ tandaِ (sign) sebagai sebuah sistem yang
terdiri dari ekspresi (signifier) dalam hubungannya dengan konten (signified).
Hasil penelitian ini menemukan bahwa Jovi Adhiguna dan Noe Row memanfaatkan media sosial yaitu YouTube untuk mempresentasikan diri mereka melalui vlog. Jovi Adhiguna dan Noe Row menampilkan citra diri mereka didalam vlog mereka dengan menghabiskan waktu bersama orang terdekatnya, memberikan informasi-informasi yang bermanfaat, gaya bahasa yang sopan dan santai, serta tindakan-tindakan mereka kearah yang positif dengan menunjukkan konten-konten vlog yang menghibur dan bermanfaat.
Collections
- Communication [943]