Analisis Persepsi “Coolness” Oleh Wisatawan yang Mempengaruhi Rasa Keterikatan Tempat, Kepuasan, dan Loyalitas Destinasi (Studi Empiris pada Wisata Gunung Merapi dan Bromo)
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis pengaruh terhadap Persepsi Keren “coolness” terhadap Keterikatan Tempat, Kepuasan, dan Loyalitas Destinasi yang melekat di benak wisatawan setelah mengunjungi obyek wisata. Obyek wisata yang diteliti adalah Wisata Gunung Merapi dan Wisata Gunung Bromo. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi keren terhadap kepuasan, persepsi keren terhadap loyalitas destinasi, persepsi keren terhadap keterikatan tempat, kepuasan terhadap loyalitas destinasi, dan keterikatan tempat terhadap loyalitas destinasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 230 orang. Instrumen yang digunakan berupa kuisioner yang sudah dilakukan uji validitas dan reliablilitas. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis model persamaan struktural (SEM) menggunakan AMOS. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi keren berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, persepsi keren tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas destinasi, persepsi keren berpengaruh signifikan terhadap keterikatan tempat, kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas destinasi, dan keterikatan tempat berpengaruh signifikan terhadap loyalitas destinasi.
Collections
- Master of Management [408]