Penerapan Media Video Pembelajaran Fikih Interesting Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Di MAN 1 Yogyakarta
Abstract
Di era sekarang ini, problem pembelajaran bukan hanya terletak dalam isi materi pembelajaran saja tetapi juga berkaitan tentang penyampaian materi tersebut, bagaimana seorang pendidik mampu memahamkan peserta didik terutama dalam pembelajaran fikih.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan kepala sekolah,Guru, wali kelas XIBB MAN 1 Yogyakarta, serta peserta didik kelas XI BB MAN 1 Yogyakarta sebagai informan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan teknik validitas data triangulasi sumber. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana dengan kondensasi data, menyajikan data, dan menarik simpulan atau verifikasi. Teori yang dipakai dalam penelitian yakni tentang media video pembelajaran dan pemahaman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAN 1 Yogyakarta telah melaksanakan Penerapan Media Video Pembelajaran Fikih Interesting di MAN 1 Yogyakarta dan berdasarkan pengamatan penelitian dengan adanya penerapan tersebut dapat meningkatkan pemahaman peserta didikdan memberikan dampak positif dalam meningkatkan keberhasilan proses pembelajaran.
Collections
- Islamic Education [862]