Pengaruh Pelatihan Motivasi Berprestasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Kejuruan “X” Yogyakarta
Abstract
Motivasi belajar Matematika merupakan salah satu hal yang berpengaruh pada aktivitas belajar Matematika dan berdampak pada prestasi akademik. Namun dalam kenyataannya banyak siswa memiliki motivasi belajar Matematika yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan motivasi berprestasi pada motivasi belajar Matematika siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 ”X” Sleman Yogyakarta, yang dibagi menjadi 6 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 6 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala motivasi belajar Matematika. Rancangan penelitian yang digunakan adalah untreated control group design with dependent pretest and posttest samples. Analisis kuantitatif dengan mengunakan uji statistic mixed anava. Analisis kualitatif dilakukan berdasarkan observasi, wawancara, dan lembar kerja. Hasil analisis mixed anava menunjukkan ada perubahan skor yang berbeda secara signifikan dari prates ke pasca tes antara kedua kelompok (eksperimen dan kontrol), dengan nilai F = 1.173 dan p = 0.310 (p < 0.05). Kelompok eksperimen mengalami peningkatan lebih tinggi dibandingkan kelompok control. Kesimpulan penelitian ini adalah pelatihan motivasi berprestasi dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 ”X”.
Collections
- Master of Psychology [341]