FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH DALAM PENGGUNAAN ONLINE BANKING (StudiEmpirispadaMahasiswaUniversitas Islam Indonesia)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Penggunaan Online Banking (Studi Empiris pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia)” yang bertujuan untuk menemukan bukti empiris mengenai apakah perceived usefulness, perceived ease of use, computer self efficacy, security and privacy, dan trus berpengaruh positif terhadap minat penggunaan online banking. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) sebagai dasar penelitian.
Penelitian ini mengambil sampel para mahasiswa Universitas Islam Indonesia yang pernah menggunakan fasilitas online banking di yogyakarta. Sampel diambil dengan menggunakan kuisioner, dari seluruh kuisioner yang tersebar sejumlah 130 dapat kembali dan diolah sebanyak 110 sampel. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program SPSS.
Hasildari lima hipotesis yang diujikan pada penelitian ini, semuanya berpengaruh positif . Hal itu menunjukkan bahwa penelitian ini mendukung teori TAM yang menyatakan bahwa penerimaan seseorang atas teknologi informasi dipengaruhi oleh dua variable utama yaitu perceived usefulness dan perceived ease of use.
Collections
- Akuntansi [4399]