Show simple item record

dc.contributor.advisorAden Wijdan
dc.contributor.authorWahyuddin Luthfi Abd
dc.date.accessioned2021-03-22T06:14:15Z
dc.date.available2021-03-22T06:14:15Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27740
dc.description.abstractini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh internet dan media sosial terhadap perilaku keagamaan mahasiswa fakultas Ilmu Agama Islam yang notabenya adalah mahasiswa yang fokus dalam kajian ilmu pendidikan dan agama. Responden dalam penelitian ini diambil dari tiga program studi yang terdapat dalam fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI). Yaitu ; Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam dan Akhwal As Syahsiyah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode pengumpulan data melalui pengamatan dan angket. Dan yang menjadi alat pengumpulan data inti dalam penelitian ini adalah angket kuesioner yang disusun dan telah di uji validitas dan reliabilitasnya sehingga bisa digunakan untuk pengumpulan data dan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini. teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster sampling dan proporsional stratified random sampling. Seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Agama Islam adalah sebagai populasi pada penelitian ini dan akhirnya peneliti memustuskan mengambil 100 mahasiswa sebagai sampel yang dibagi secara proporsional kedalam tiga program studi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS sebagai pengolah data. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa adanya pengaruh internet dan media sosial terhadap perilaku keagamaan mahasiswa Fakultas Ilmu Agam Islam (FIAI) yang di tunjukkan dengan nilai F dalam uji regresi adalah sebesar 6,867 dengan taraf nilai siginifkansinya 0,002 lebih kecil dari 0,05. Besaran pengaruh internet dan media sosial terhadap perilaku keagamaan mahasiswa FIAI ditentukan dari nilai koefisien determinasi R2 yaitu sebesar 0,124. Artinya 12,4% perilaku keagamaan mahasiswa FIAI dipengaruhi oleh internet dan media sosial dan 87,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectInternet dan Media Sosialen_US
dc.subjectPerilaku Keagamaan Mahasiswaen_US
dc.subjectFakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesiaen_US
dc.titlePengaruh Internet dan Media Sosial Terhadap Perilaku Keagamaan Mahasiswa Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesiaen_US
dc.Identifier.NIM14422100


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record