Show simple item record

dc.contributor.advisorMuzhoffar Akhwan
dc.contributor.authorMari Maharani
dc.date.accessioned2021-03-18T06:06:20Z
dc.date.available2021-03-18T06:06:20Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27686
dc.description.abstractDasar ajaran tauhid yaitu Al-Qur’an dan Sunnah, setiap aspek pendidikan Islam mengandung beberapa unsur pokok yang mengarah kepada pemahaman dan pengamalan doktrin Islam secara menyeluruh. Kemudian pendidikan Islam diimplikasikan dalam kepemimpinan, metode pendidikan kepemimpinan yang menjunjung tinggi nilai-nilai dan ajaran Islam seperti yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW, karena telah ada pada diri Rasulullah SAW itu suri tauladan yang baik. Pendidikan dimulai pada anak usia dini karena pembentukan kecerdasan dan kemampuan anak penerus bangsa sangat dipengaruhi oleh format pendidikan semasa dini. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana metode pendidikan kepemimpinan berbasis tauhid di TK Khalifah Condongcatur Sleman dan untuk mengetahui bagaimana output yang dihasilkan dari metode pendidikan kepemimpinan berbasis tauhid di TK Khalifah Condongcatur Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Pengambilan subjek dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling, diantaranya kepala sekolah TK Khalifah Condongcatur Sleman, guru TK A TK Khalifah Condongcatur Sleman, guru TK B TK Khalifah Condongcatur Sleman. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan analisis data model interaktif Miles dan Huberman Hasil penelitian ini ditegaskan bahwa metode pendidikan dalam penanaman kepemimpinan berbasis menggunakan pembelajaran centre, ditambah dengan program pendukung yaitu sholat dhuha, puasa senin kamis, infaq dan bersedekah, market day untuk mengasah jiwa kepemimpinan melalui entrepreneurship, mengajarkan jiwa kepedulian terhadap makhluk sosial dengan kunjungan panti asuhan, berkurban di daerah yang membutuhkan, dsb. Serta output yang dihasilkan yang mengarah pada tujuan pendidikan melalui visi dan misi yaituanak memiliki nilai tauhid, memiliki jiwa entrepreneur moeslem yang meneladani Rasulullah SAW, yang jujur, adil, bertanggung jawab, mandiri, kreatif, inovatif, berakhlak mulia, dan percaya diri sehingga jiwa kepemimpinannya sudah mulai terlihat.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMetode Pendidikanen_US
dc.subjectKepemimpinanen_US
dc.subjectKeteladananen_US
dc.titleMETODE PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN BERBASIS TAUHID DI TK KHALIFAH CONDONGCATUR SLEMANen_US
dc.Identifier.NIM13423069


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record