METODE PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN BERBASIS TAUHID DI TK KHALIFAH CONDONGCATUR SLEMAN
Abstract
Dasar ajaran tauhid yaitu Al-Qur’an dan Sunnah, setiap aspek pendidikan
Islam mengandung beberapa unsur pokok yang mengarah kepada pemahaman dan
pengamalan doktrin Islam secara menyeluruh. Kemudian pendidikan Islam
diimplikasikan dalam kepemimpinan, metode pendidikan kepemimpinan yang
menjunjung tinggi nilai-nilai dan ajaran Islam seperti yang telah diajarkan oleh
Rasulullah SAW, karena telah ada pada diri Rasulullah SAW itu suri tauladan
yang baik. Pendidikan dimulai pada anak usia dini karena pembentukan
kecerdasan dan kemampuan anak penerus bangsa sangat dipengaruhi oleh format
pendidikan semasa dini. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
metode pendidikan kepemimpinan berbasis tauhid di TK Khalifah Condongcatur
Sleman dan untuk mengetahui bagaimana output yang dihasilkan dari metode
pendidikan kepemimpinan berbasis tauhid di TK Khalifah Condongcatur Sleman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian
deskriptif. Pengambilan subjek dalam penelitian ini dengan teknik purposive
sampling, diantaranya kepala sekolah TK Khalifah Condongcatur Sleman, guru
TK A TK Khalifah Condongcatur Sleman, guru TK B TK Khalifah Condongcatur
Sleman. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode
observasi, dokumentasi, wawancara dan analisis data model interaktif Miles dan
Huberman
Hasil penelitian ini ditegaskan bahwa metode pendidikan dalam penanaman
kepemimpinan berbasis menggunakan pembelajaran centre, ditambah dengan
program pendukung yaitu sholat dhuha, puasa senin kamis, infaq dan bersedekah,
market day untuk mengasah jiwa kepemimpinan melalui entrepreneurship,
mengajarkan jiwa kepedulian terhadap makhluk sosial dengan kunjungan panti
asuhan, berkurban di daerah yang membutuhkan, dsb. Serta output yang
dihasilkan yang mengarah pada tujuan pendidikan melalui visi dan misi yaituanak
memiliki nilai tauhid, memiliki jiwa entrepreneur moeslem yang meneladani
Rasulullah SAW, yang jujur, adil, bertanggung jawab, mandiri, kreatif, inovatif,
berakhlak mulia, dan percaya diri sehingga jiwa kepemimpinannya sudah mulai
terlihat.
Collections
- Islamic Economics [827]