Show simple item record

dc.contributor.advisorSiti Achiria
dc.contributor.authorAyu Andriani
dc.date.accessioned2021-03-18T05:04:00Z
dc.date.available2021-03-18T05:04:00Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27683
dc.description.abstractPenerapan konsep etika bisnis tidak bisa diremehkan. Bisnis menjadi peran penting bagi kehidupan sosial sepanjang masa. Seiring perkembangan zaman di era globalisasi yang kian menggerus aspek moral oleh mudahnya penyebaran pemahaman serta budaya-budaya yang menyesatkan dan merusak moral etika di kehidupan bersosial maupun bisnis, keterlibatan Muslim di perdagangan sangat terkait dengan pemahaman agama agar tidak ada perilaku penyimpangan. Oleh karena itu, etika bisnis Islam sangat berperan dalam mengatur perilaku para pedagang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan etika bisnis Islam pada pedagang Muslim di Kedung Ombo dan Wana Wisata, dan bagaimana komparasi penerapan etika bisnis Islam yang ada di Kedung Ombo dan Wana Wisata. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islam pada pedagang Muslim di Kedung Ombo dan Wana Wisata, dan untuk menganalisis komparasi penerapan etika bisnis Islam yang ada di Kedung Ombo dan Wana Wisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling, sedangkan untuk menganalisis data digunakan metode analisis data yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan nilai tauhid, khilafah, tazkiyah, dan ihsan sudah sesuai dengan nilai dasar dan prinsip umum etika bisnis Islam. Sedangkan penerapan nilai ibadah masih belum sesuai dengan nilai dasar dan prinsip umum etika bisnis Islam.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPedagang Muslimen_US
dc.subjectEtika Bisnis Islamen_US
dc.subjectKedung Omboen_US
dc.subjectWana Wisataen_US
dc.titleETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG MUSLIM (STUDI KOMPARASI ETIKA BISNIS ISLAM DI KEDUNG OMBO DAN WANA WISATA GROBOGAN PURWODADI JAWA TENGAH)en_US
dc.Identifier.NIM13423014


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record