Show simple item record

dc.contributor.advisorAhmad Darmadji
dc.contributor.authorErni Tri Yunita
dc.date.accessioned2021-03-18T03:15:21Z
dc.date.available2021-03-18T03:15:21Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27678
dc.description.abstractDisiplin merupakan hal yang sangat penting ditanamkan pada diri setiap individu, lebih-lebih kepada diri seorang peserta didik. Tidak ada hal yang lebih penting dalam management diri dibandingkan dengan disiplin. Selain pentingnya menentukan arah dan tujuan hidup yang jelas, disiplin juga merupakan syarat mutlak dalam mencapai misi hidup. Siswa harus dilatih untuk disiplin dalam mengembangkan diri dalam segala aspek, harus disiplin dalam mengelola waktu, disiplin dalam mengelola keterampilan mereka, serta disiplin dalam melaksanakan tugas dan kewajiban. Nilai relegius perlu ditanamkan pada diri anak, karena religi sendiri menyangkut konsep tentang ketuhanan, ibadah, dan moral. Semua itu bisa diberikan sejak dini sehingga nilai religi tersebut mampu membentuk pribadi anak dan dapat mengakar secara kuat dan mempunyai pengaruh sepanjang kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana realita kedisiplinan siswa di MTs N 4 Sleman serta bagaimana upaya dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui penanaman nilai-nilai relegiusitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitianya adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru agama, guru bimbingan konseling, siswa kelas IX, Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah kedisiplinan yang ada di MTs N 4 Sleman sudah baik, hal ini terbukti dari pengamatan dan wawancara, sedangkan relegiusitas, pihak sekolah mempunyai program atau kegiatan yang diarahkan pada persoalan diatas, yaitu: Pembiasaan sholat dhuha, membaca Al-qur‟an yang itu dilaksanakan sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Kemudian dilanjutkan sholat dzuhur berjamaah sebelum pulang sekolah serta ektrakulikuler yang juga sangat mendukung untuk terciptanya kedisiplinan siswa.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKedisiplinan siswaen_US
dc.subjectNilai-nilai relegiusitasen_US
dc.titlePENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI RELEGIUSITAS Di MTs N 4 SLEMANen_US
dc.Identifier.NIM13422120


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record