PENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI RELEGIUSITAS Di MTs N 4 SLEMAN
Abstract
Disiplin merupakan hal yang sangat penting ditanamkan pada diri setiap individu,
lebih-lebih kepada diri seorang peserta didik. Tidak ada hal yang lebih penting
dalam management diri dibandingkan dengan disiplin. Selain pentingnya
menentukan arah dan tujuan hidup yang jelas, disiplin juga merupakan syarat
mutlak dalam mencapai misi hidup. Siswa harus dilatih untuk disiplin dalam
mengembangkan diri dalam segala aspek, harus disiplin dalam mengelola waktu,
disiplin dalam mengelola keterampilan mereka, serta disiplin dalam melaksanakan
tugas dan kewajiban. Nilai relegius perlu ditanamkan pada diri anak, karena religi
sendiri menyangkut konsep tentang ketuhanan, ibadah, dan moral. Semua itu bisa
diberikan sejak dini sehingga nilai religi tersebut mampu membentuk pribadi anak
dan dapat mengakar secara kuat dan mempunyai pengaruh sepanjang
kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana realita
kedisiplinan siswa di MTs N 4 Sleman serta bagaimana upaya dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa melalui penanaman nilai-nilai relegiusitas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Subjek penelitianya adalah Kepala Sekolah, Waka
Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru agama, guru bimbingan konseling, siswa
kelas IX, Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah kedisiplinan yang ada di MTs N 4 Sleman sudah
baik, hal ini terbukti dari pengamatan dan wawancara, sedangkan relegiusitas,
pihak sekolah mempunyai program atau kegiatan yang diarahkan pada persoalan
diatas, yaitu: Pembiasaan sholat dhuha, membaca Al-qur‟an yang itu dilaksanakan
sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Kemudian dilanjutkan sholat dzuhur
berjamaah sebelum pulang sekolah serta ektrakulikuler yang juga sangat
mendukung untuk terciptanya kedisiplinan siswa.
Collections
- Islamic Education [862]