Show simple item record

dc.contributor.advisorJunanah
dc.contributor.authorEmma Noviana Hartati
dc.date.accessioned2021-03-18T01:37:09Z
dc.date.available2021-03-18T01:37:09Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27664
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan monotonnya metode pada pembelajaran bahasa Arab kelas 7 dan 8 di MTs N Maguwoharjo Yogyakarta. Sehingga siswa kurang memahami bahasa Arab dan berdampak buruk bagi pengetahuan membaca dan menulis Al-Qur’an. Oleh karena itu, peneliti berupaya menggunakan metode mimicry-memorization (mim-mem methods) sebagai salah satu cara dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan penelitian ini yaitu ingin memperoleh data tentang tingkat pengaruh metode mimicry-memorization terhadap tingkat kemampuan pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan eksperimen, dan menggunakan teknik pengambilan samplestratified random sampling. Penelitian dilakukan dengan dua tahap tes, pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah kelas 7 dan 8. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar tes selama tindakan. Pre-test dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman bahasa Arab siswa tanpa metode mimicry-memorization, post-test dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman bahasa Arab siswa setelah menggunakan metode mimicry-memorization. Nilai signifikansi hasil penelitian uji Paired Sample T-Test 0,015<0,05 nilai kelas eksperimen pre-test 17.84 dan post-test 18.91 sebesar 1.07, nilai signifikansi hasil penelitian uji Independent Sample T-Test 0.048<0.05 nilai post-test kelas eksperimen 18.16 lebih besar dari nilai post-test kelas kontrol 18.91 sebesar 0.75, dan hasil penelitian uji Randomized Control Group Pre-Test Post-Test selisih dari kelas eksperimen (post-test)18.91 (pre-test)17.84 didapatbesaranpengaruh1.07 dan kelas kontrol (post-test)18.16 (pre-test)17.69 didapatbesaranpengaruh 0.47, sehinggapengaruh total sebesar 0.6. Hal ini dapat dinyatakan bahwa adanya perbedaan dan peningkatan pengetahuan bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga metode mimicry-memorization dapat dikatakan sangat berpengaruh terhadap pembelajaran bahasa Arab.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectmetode mimicry-memorizationen_US
dc.subjectpembelajaran bahasa Araben_US
dc.titlePengaruh Metode Mimicry-Memorization (Mim-Mem Methods) Terhadap Tingkat Kemampuan Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 7 dan 8 di MTs N Maguwoharjo Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM13422034


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record