Show simple item record

dc.contributor.advisorPuji Hariyanti
dc.contributor.authorDiah Adika Lestari
dc.date.accessioned2021-03-16T02:18:42Z
dc.date.available2021-03-16T02:18:42Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27607
dc.description.abstractDiah Adika Lestari. 13321071. Pengaruh Strategi Customer Relations PT. Grand Surya Retailindo terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan di Kalimantan Selatan. Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. Seiring perkembangan zaman, kebutuhan manusia semakin beragam dan selalu menginginkan sesuatu yang baru dan mengikuti perkembangan zaman. Seperti halnya kebiasaan berbelanja secara konvensional di pasar tradisional, kebiasaan itu berubah dengan hadirnya toko retail yang mengusung konsep modern market. Kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang semakin lama semakin beragam menjadi peluang bisnis yang prospektif bagi pemodal yang pandai membaca dan memanfaatkan peluang tersebut. Di Kalimantan Selatan, khususnya di Kabupaten Kotabaru, pada tahun 2008 belum terdapat toko retail yang mengusung konsep modern market. Peluang tersebut dimanfaatkan oleh PT. Grand Surya Retailindo dengan mendirikan GS Express yang dapat dikatakan sebagai pelopor toko retail modern pertama di Kotabaru. Beberapa tahun setelahnya mulai banyak kompetitor toko retail serupa. Hal ini menjadi tantangan bagi PT. Grand Surya Retailindo karena tidak mudah membangun awal baru dan terlebih lagi lebih sulit untuk mempertahankan yang sudah dicapai. Dengan semakin banyak pilihan dalam berbelanja, maka PT. Grand Surya Retailindo harus bisa mempertahankan pelanggan. Salah satunya yang dilakukan PT. Grand Surya dengan strategi customer relations-nya, strategi yang tidak dimiliki atau bahkan tidak dilakukan pesaing. Dalam penelitian ini membahas seberapa besar pengaruh strategi customer relations PT. Grand Surya Retailindo terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan metode survey menggunakan kuisioner kepada konsumen PT. Grand Surya Retailindo dengan metode pemilihan sampel menggunakan teknik accidental sampling di mana peneliti memilih responden yang dijumpai peneliti saat itu. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dari populasi 85.761 jiwa. Alat analisis pada penelitian ini menggunakan analisis product moment dan menggunakan aplikasi SPSS Statistics versi 17.0. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara strategi customer relations PT. Grand Surya Retailindo dengan kepuasan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari rxy1 sebesar 0,468 atau 46,8% dan taraf signifikansi di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,000. Terdapat pula hubungan positif yang signifikan antara strategi customer relations PT. Grand Surya Retailindo dengan loyalitas pelanggan, rxy2 sebesar 0,506 atau 50,6% dengan taraf signifikansinya di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,000.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectCustomer relationsen_US
dc.subjectkepuasanen_US
dc.subjectloyalitasen_US
dc.subjectmodern marketen_US
dc.subjectritelen_US
dc.titlePENGARUH STRATEGI CUSTOMER RELATIONS PT. GRAND SURYA RETAILINDO TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN DI KALIMANTAN SELATANen_US
dc.Identifier.NIM13321071


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record