MANAJEMEN REDAKSIONAL SURAT KABAR HARIAN DI KALIMANTAN TIMUR (STUDI DESKRIPTIF PADA SKH BALIKPAPAN POS DAN SAMARINDA POS)
Abstract
Novian Aldy Prakoso. 12321037. Manajemen Redaksional Surat Kabar Harian Di Kalimantan Timur (Studi Deskriptif Pada SKH “Balikpapan Pos dan Samarinda Pos”). Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Universitas Islam Indonesia. 2017.
Media massa yang mulai berkembang di Indonesia semakin membuat perusahaan media saling bersaing untuk mendapatkan penikmatnya, salah satunya yang harus berkerja keras yaitu media cetak khususnya surat kabar harian. Bagaimana yang diketahui sebuah perusahaan media cetak surat kabar masih bertahan hingga saat ini mempertahankan ciri khas tulisan yang banyak disebuah kertas yang lebar, walaupun dapat dari data yang didapat bahwa semakin tahunnya pembaca surat kabar terus menurun. Maka dari tujuan itulah yang ingin didapatkan bagaimana manajemen redaksional surat kabar Balikpapan Pos dan Samarinda Pos merencanakan sebuah strategi khususnya pada bidang redaksi untuk mendapatkan pembaca diluar sana, karena seperti yang diketahui bahwa fungsi dari Manajemen Redaksional ini berperan penting dalam proses pembuatan produk khususnya surat kabar di perusahaan bidang jurnalistik. Di dalam tujuan tersebut peneliti menggunakan acuan teori yang dikemukakan oleh Fink, dimana tahap Manajemen Redaksional itu ada empat, yaitu; Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Pengawasan. Data yang dicari nantinya akan dicari dengan cara metode kualitatif sebagai data primer, dimana langsung mewawancarai bagian-bagian penting di perusahaan tersebut khususnya pada bagian redaksi, sedangkan mencari data-data dari artikel maupun yang lainnya sebagai untuk mendapatakan data skunder. Dari hasilnya bahwa manajemen redaksional pada Balikpapan Pos dan Samarinda Pos pada dasarnya melaksanakan empat tahap yang ada didalamnya, namun ada beberapa perbedaan pada proses tahapan di dalamnya, hal itulah yang akan menjadi jawaban dari penelitian ini.
Collections
- Communication [943]