Pengaruh Informasi Akuntansi dan Non Akuntansi terhadap Kecenderungan Underpricing: Studi pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Jakarta
Abstract
Fenomena underpricing yang terjadi di BEJ menjadi momok bagi perusahaan yang melakukan IPO. Oleh karena itu penulis menganalisis pengaruh informasi akuntansi dan informasi non akuntansi terhadap kecenderungan underpricing dengan studi pada perusahaan yang melakukan IPO di BEJ antara tahun 2001- 2005. Pada penelitian ini yang menjadi informasi akuntansi meliputi ROA, leverage, dan ukuran perusahaan (firm size), sedangkan informasi non akuntansi yaitu reputasi unde1W riter, reputasi auditor, dan umur perusahaan.
Informasi yang diambil sebagai pengaruh underpricing ini berkaitan dengan prospectus yang digunakan oleh investor dalam mengambil keputusan. Penelitian ini mengambil sampel pada perusahaan yang melakukan IPO di BEJ dan mengalami underpricing yaitu sebanyak 41 perusahaan.
Informasi tersebut berpengaruh terhadap undepricing baik secara bersamaan maupun secara parsial. Fenomena ini menjadi acuan bagi pengguna informasi baik di pasar sekunder maupun di pasar perdana.
Collections
- Akuntansi [4403]