Show simple item record

dc.contributor.advisorSuwaldiman
dc.contributor.advisor02312170
dc.contributor.authorAmbar Setyonongsih
dc.date.accessioned2021-02-17T04:29:15Z
dc.date.available2021-02-17T04:29:15Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27137
dc.description.abstractPenelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa sistem infonnasi terhadap kepuasan pengguna sistem infonnasi pada Fakultas Ekonomi Universitas Ilam Indonesia Yogyakarta. Kualitas jasa sistem infonnasi sebagai variabel bebas (dependent variable) diukur dengan lima dimensi yang meliputi dimensi tangibility, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Sedangkan kepuasan pengguna sistem infonnasi sebagai variabel bebas (independent variable) diukur dengan tiga faktor utama kepuasan pengguna sistem infonnasi yang meliputi Sikap terhadap para staff departemen SI (SSF­ USISF), Tingkat Pengetahuan dan keterlibatan pengguna (P&K-USISF), Kualitas produk infonnasi (KPI-USISF). Penelitian ini menggunakan teknik convenience random sampling yang didasarkan pada anggapan bahwa pengambilan sample pada responden yang mudah ditemui secara acak. Metode ini dipilih karena responden ditentukan berdasarkan kemudahan dalam pengumpulan data, tanpa memperhatikan batasan jumlah populasi. Sampel yang digunakan sebanyak 240 responden. Teknik pengumpulan data adalah metode survei dengan menyebarkan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah uji Regresi Linier Berganda untuk menguji hipotesis mengenai pengaruh kualitas jasa sistem infonnasi terhadap kepuasan pengguna sistem informasi. Pengujian signifikansi menggunakan uji F­ Test dan uji T-Test, dengan taraf signifikansi 5%. Sedangkan untuk menguji validitas dan reliabilitas data menggunakan metode korelasi Pearson product Moment clan metode Cronbach Alpha. Untuk mengguji hasil penelitian menggunakan alat Bantu SPSS/or Windows 11.05. Hasil analisis berdasarkan uji simultan F-Test menunjukkan F hitung 20,225 > dari F tabel 1,979 yang berarti berarti dimensi tangible, reliability, responsivess, assurance, empathy, sikap terhadap staf fungsi sistem infonnasi, kualitas produk infonnasi, pengetahuan dan keterlibatan pengguna sistem secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pengguna jasa sistem infonnasi.Sedangkan hasil analisis uji secara parsial dengan T-Test menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas jasa sistem informasi yang meliputi dimensi tangibility, reliability, responsiveness, assurance, empathy terhadap kepuasan pengguna sistem informasi. Hal ini ditunjukkan dengan t-hitung > t-tabel untuk masing-masing variabel tangibility, reliability, responsiveness, assurance, empathy. Dengan demikian penelitian ini berhasil menolak hipotesis pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima Yang berarti pula kualitas jasa sistem informasi tidak dapat memberikan tambaban kemampuan prediksi terhadap kepuasan pengguna jasa sistem informasi pada Fakultas Ekonomi Uni versitas Islam Indonesia.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subject: sistem informasien_US
dc.subjectkualitas jasaen_US
dc.titlePengaruh Kualitas Jasa Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Para Pengguna Sistem Informasi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakartaen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record