Perbedaan Tingkat Kepuasan Pengguna Pt Askes Dan Non Pt Askes Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Inap Di RSUD Seluma Bengkulu
Abstract
PT ASKES merupakan Sistem Asuransi Kesehatan bertujuan untuk
melindungi masyarakat dari kesulitan ekonomi dalam pembiayaan pelayanan
kesehatan, serta mendekatkan pelayanan sesuai dengan asas adil dan merata di
beberapa kota di Indonesia. Namun yang muncul kepermukaan adalah sebagai kendala
dan hambatan yang bermuara pada timbulnya berbagai keluhan ketidakpuasan terhadap
mutu pelayanan kesehatan.
Tujuan : Mengukur perbedaan tingkat kepuasan pengguna PT ASKES dan NON PT
ASKES terhadap mutu pelayanan Rawat Inap di RSUD Seluma.
Metode : Observasional dengan desain penelitian yang digunakan adalah cross
sectional. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan cara pengambilan acak
sederhana (simple random sampling) atau random secara kuantitatif. Metode analisis
data terdiri dari uji validitas, uji reabilitas, dan uji t menggunakan program SPSS 14
Hasil : Berdasarkan data yang diteliti menunjukkan bahwa mayoritas pasien baik
pengguna PT ASKES maupun NON PT ASKES termasuk dalam kategori puas
terhadap pelayanan yang diberikan, sehingga perlu dipertahankan
Simpulan : Karena kedua nilai p > 0.05 Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa tidak
terdapat perbedaan yang signifikan rerata skore pada tingkat kepuasan antara pengguna
PT ASKES dan NON PT ASKES pada rawat inap di RSUD Seluma, Kata kunci :
Perbedaan Tingkat Kepuasan Pengguna PT ASKES dan NON PT ASKES Terhadap
Collections
- Medical Education [2418]