Persepsi Mahasiswa Fkuii Tentang Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Prestasi Belajar
Abstract
Sistem pembelajaran di FKUII mengacu kepada sistem PBL
(Problem Based Learning), artinya pembelajaran berdasarkan masalah.
Mahasiswa dituntut aktif mencari dan membaca bacaan sendiri. Selain itu, FKUII
mengharapkan agar setiap mahasiswa dapat berkembang ke arah afektif, kognitif,
dan psikomotor sehingga dapat dicapai prestasi belajar yang optimal. Prestasi
yang optimal dipengaruhi oleh cara atau gaya belajar dari mahasiswa tersebut.
Setiap mahasiswa mempunyai tipe gaya belajar berbeda-beda. Tipe gaya belajar
tersebut berupa tipe visual, auditorik, dan kinestetik. Belajar di Fakultas
Kedokteran menuntut mahasiswanya untuk memiliki ketiga tipe gaya belajar
tersebut.
Tujuan: Untuk mengetahui persepsi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas
Islam Indonesia tentang pengaruh gaya belajar terhadap hasil prestasi belajar
Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengambilan data
dilakukan dengan wawancara mendalam dengan bentuk wawancara semi
terstruktur. Subyek penelitian sebanyak 10 orang mahasiswa angkatan 2008,
2009, 2010, dan 2011. Setiap angkatan diambil 3 orang mahasiswa dengan kriteria
IPK tertinggi, sedang, dan IPK terendah. Data di analisis dengan constan
comparative method.
Hasil: Mahasiswa berpendapat bahwa gaya belajar sangat diperlukan untuk
menunjang proses belajar agar dapat meraih prestasi yang baik. Dengan
mengenali kecenderungan tipe gaya belajar yang dimiliki oleh mahasiswa, maka
berbagai kesulitan selama belajar di kampus akan dapat diatasi terutama kesulitan
di dalam belajar. Selain itu, strategi belajar dan manajemen waktu yang baik
diperlukan agar antara kegiatan belajar dan kegiatan lainnya dapat maksimal
dalam pelaksanaannya.
Kesimpulan: Persepsi mahasiswa tentang pengaruh gaya belajar terhadap hasil
prestasi belajar cukup baik. Mahasiswa mempersepsikan bahwa gaya belajar
berpengaruh terhadap hasil prestasi belajar walaupun dalam rentang berbeda yaitu
dari berpengaruh minimal sampai sangat berpengaruh. Dilihat dari sistem
pembelajaran di FKUII yang memusatkan kepada mahasiswanya di dalam belajar.
Collections
- Medical Education [2399]