Show simple item record

dc.contributor.advisordr. Umatul Khoiriyah, M.Med.Ed,
dc.contributor.authorNugraha, Harry
dc.date.accessioned2021-02-04T01:48:45Z
dc.date.available2021-02-04T01:48:45Z
dc.date.issued2012-06-14
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/26948
dc.description.abstractSistem pembelajaran di FKUII mengacu kepada sistem PBL (Problem Based Learning), artinya pembelajaran berdasarkan masalah. Mahasiswa dituntut aktif mencari dan membaca bacaan sendiri. Selain itu, FKUII mengharapkan agar setiap mahasiswa dapat berkembang ke arah afektif, kognitif, dan psikomotor sehingga dapat dicapai prestasi belajar yang optimal. Prestasi yang optimal dipengaruhi oleh cara atau gaya belajar dari mahasiswa tersebut. Setiap mahasiswa mempunyai tipe gaya belajar berbeda-beda. Tipe gaya belajar tersebut berupa tipe visual, auditorik, dan kinestetik. Belajar di Fakultas Kedokteran menuntut mahasiswanya untuk memiliki ketiga tipe gaya belajar tersebut. Tujuan: Untuk mengetahui persepsi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia tentang pengaruh gaya belajar terhadap hasil prestasi belajar Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan bentuk wawancara semi terstruktur. Subyek penelitian sebanyak 10 orang mahasiswa angkatan 2008, 2009, 2010, dan 2011. Setiap angkatan diambil 3 orang mahasiswa dengan kriteria IPK tertinggi, sedang, dan IPK terendah. Data di analisis dengan constan comparative method. Hasil: Mahasiswa berpendapat bahwa gaya belajar sangat diperlukan untuk menunjang proses belajar agar dapat meraih prestasi yang baik. Dengan mengenali kecenderungan tipe gaya belajar yang dimiliki oleh mahasiswa, maka berbagai kesulitan selama belajar di kampus akan dapat diatasi terutama kesulitan di dalam belajar. Selain itu, strategi belajar dan manajemen waktu yang baik diperlukan agar antara kegiatan belajar dan kegiatan lainnya dapat maksimal dalam pelaksanaannya. Kesimpulan: Persepsi mahasiswa tentang pengaruh gaya belajar terhadap hasil prestasi belajar cukup baik. Mahasiswa mempersepsikan bahwa gaya belajar berpengaruh terhadap hasil prestasi belajar walaupun dalam rentang berbeda yaitu dari berpengaruh minimal sampai sangat berpengaruh. Dilihat dari sistem pembelajaran di FKUII yang memusatkan kepada mahasiswanya di dalam belajar.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectprestasien_US
dc.subjectgaya belajaren_US
dc.subjectPersepsien_US
dc.titlePersepsi Mahasiswa Fkuii Tentang Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Prestasi Belajaren_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM08711164


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record