Tingkat Kepuasan Mahasiswa Ekonomi Terhadap Pelayanan di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia
Abstract
Kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan sampai ke Perguruan
Tinggi menyebabkan semakin banyaknya bermunculan universitas-universitas yang
menjanjikan pendidikan yang berkualitas. Penelitian yang dilakukan dalam rangka
Tugas Akhir ini dilaksanakan di Universitas Islam Indonesia Jogjakarta, yaitu
tentang kepuasan Mahasiswa. Metode untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa
Fakultas Ekonomi digunakan metode Important-Perfomance Analysis atau Analisis
Tingkat Kepentingan dan Kinerja/Kepuasan Pelanggan. Analisis data dilakukan
dengan Analisis Mann-Whitney dan Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menyimpulkan
yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan peningkatan secara terus-menerus
oleh pihak Fakultas Ekonomi adalah kesediaan dan kesungguhan karyawan dalam
memberikan informasi-informasi, pemenuhan kebutuhan mahasiswa akan kemudahan
pelayanan, kesungguhan karyawan dalam memberikan pelayanan, kemudahan dalam
pembimbingan (termasuk akademik dan TA), kemudahan prosedur dalam pelayanan,
jasa layanan sesuai dengan keinginan dan harapan mahasiswa, kecepatan dan
ketepatan dalam proses pelayanan, kemauan karyawan atau dekanat dalam
mendengarkan keinginan atau aspirasi mahasiswa, kemudahan pertemuan dengan
pihak dekanat. Dari diagram Pareto faktor yang banyak mendapat keluhan
mahasiswa adalah fasilitas ruang kuliah, yaitu sebesar 20.0%. Dari hasil analisis
Mann-Whitney dan Kruskal-Wallis diketahui tidak terdapat perbedaan tingkat
kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi ditinjau dari jenis kelamin dan terdapat
perbedaan tingkat kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi ditinjau dari jurusan.
Collections
- Statistics [900]