Analisis Etika Bisnis di Hotel Berbintang dan Tidak Berbintang pada Sektor Industri Pariwisata di Kotamadya Jogjakarta (Studi Kasus pada Hotel-Hotel di Kotamadya Jogjakarta)
Abstract
Penelitian dilakukan pada hotel-hotel di Kotamadya Jogjakarta dengan tujuan
menganalisis etika bisnis hotel berbintangdan tidak berbintangpada sektor industri
pariwisata. Pengumpulan data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner
kepada para manajer-manajer hotel. Alat analisis yang digunakan adalah uji U
Mann-Whitney dan uji proporsi. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk
mengetahui pemahaman manajer tentang etika bisnis, keberadaan aturan-aturan
etika, prinsip-prinsip pokok yang berkaitan dengan etika-etika bisnis, keperluan
peningkatan etika bisnis pada hotel-hotel berbintang dan hotel hotel tidak
berbintang. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa antara hotel-hotel
berbintang dan hotel-hotel tidak berbintang tidak ada perbedaan, tetapi dalam
beberapa hal pada jabatan yang lebih tinggi lebih taat terhadap standar-standar
moral dan aturan, dalam pemahaman bahwa etika penting pada seseorang dalam
posisi manajer, ketersediaan deskripsi pekerjaan, ketersediaan aturan-aturan
kepegawaian dan pengalaman bisnis pegawai terdapatperbedaan.
Collections
- Statistics [900]