Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Way Jepara Kabupaten Lampung Timur Propinsi Lampung
Abstract
Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) harus memberikan
pelayanan kesehatan yang bersifat berkelanjutan, menyeluruh, terpadu, sistematis
dan objektif sampai masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang
berkualitas. Kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas dapat dinilai menggunakan
tingkat kepuasan pasien.
Tujuan : Ingin mengetahui tingkat kepuasan pasien pada pelayanan kesehatan di
Puskesmas Way Jepara Kabupaten Lampung Timur Propinsi Lampung.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan
pendekatan crossectional. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dan diambil
dari pasien yang berobat di Poli Umum Puskesmas Way Jepara yang memenuhi
kriteria inklusi dan eksklusi. Data diambil dengan menggunakan kuesioner yang
berisi 5 dimensi kepuasan pasien.
Hasil : Hasil penelitian didapatkan 3 dimensi kepuasan pasien yaitu tangible,
assurance, dan reliability telah memuaskan pasien dengan nilai gap 0. Sedangkan,
dimensi empathy dan responsiveness belum mampu memuaskan pasien dengan
nilai gap -1.
Simpulan : Berdasarkan hasil penelitian didapatkan pelayanan kesehatan
Puskesmas Way Jepara pada dimensi emphaty (empati) dan responsiveness
(ketanggapan) belum memuaskan harapan pasien sedangkan dimensi tangible
(bukti fisik), assurance (jaminan) dan reliability (kehandalan) sudah memuaskan
harapan pasien.
Collections
- Medical Education [2281]