Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Kinerja Program Studi (Studi kasusMahasiswa Fakultas MIPA Jurusan Statistika Universitas Islam Indonesia Jogjakarta)
Abstract
Persaingan yang semakin ketat, dimana semakin banyakprodusen atan instansi
yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsttmen,
menyebabkan setiap perusahaan hams menempatkan orientasi pada kepuasan
kunsumen sebagai tujuan utama. Penelitian yang dilakukan dalam rangka Tugas
Akhir ini dilaksanakan di Universitas Islam Indonesia Jogjakarta, yaitu tentang
kepuasan mahasiswa. Metode untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa
Jurusan Statistika digunakan metode Important-Performance Analysis atau
Analisis Tingkat Kepuasan dan Kinerja/Kepuasan Pelanggan. Analisis data
dilakukan dengan analisis Kruskal-Wallis dan Mann-Whitney. Hasil penelitian
menyimpulkanyang menjadi prioritas utama agar dapat dilakukanpeningkatan
secara terus-menerus oleh pihak Jurusan Statistika adalah fasilitas komputer,
kelengkapan fasilitas laboraiorium Komputasi Statistika, penilaian dosen
Statistika terhadap mahasiswa, keaktifan dosen Statistika dalam mengajar,
asisten dalam penguasaan materi praktiktim, kedisiplinan asisten dalam
praktikum (waktu masuk'selesai praktiktim), fasilitas ruangan untukkuliah, dan
penyampaian materi praktikum oleh asisten. Dari hasil diagram Pareto Jaktor
yang banyak mendapat keluhan dari mahasiswa adalahjumlah komputer, yaitu
sebesar 33,8 %. Dari hasil analisis kruskal-Wallis dan Mann-Whitney dikelahui
adanya perbedaan rata-rata tingkat kepuasan untuk keempat angkatan, dimana
angkatan2001, 2002, dan 2003 memiliki rata-ratakepuasanyangsama terhadap
kinerja jurusan. Sedangkan untuk angkatan 2000 tingkat kepmasannya kurang
dari angkatan 2001, 2002, dan 2003.
Collections
- Statistics [904]