Show simple item record

dc.contributor.advisorFaisol AM
dc.contributor.authorEmma Ruhaidani
dc.date.accessioned2021-01-04T07:58:02Z
dc.date.available2021-01-04T07:58:02Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/26244
dc.description.abstractBanyaknya perusahaan jasa konstruksi yang ada pada suatu wilayah menyebabkan ketatnya persaingan antar perusahaan di wilayah tersekrtv Pemilik proyek menginginkan untuk mendapatkan harga yang murah tetapi bisa dipertanggungjawabkan {responsive and responsible) sedangkan kontraktor menginginkan harga yang tinggi dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan yang besar tetapi harus memperhitungkan peluang untuk memenangkan proyek. Dengan ketatnya persaingan, para kontraktor dituntut untuk menetapkan harga penawaran yang tepat sehingga kontraktor mempunyai peluang untuk memenangkan pelelangan Dari data yang telah dikumpulkan kemudian dikelompokkan ke dalam kelas-kelas proyek sesuai dengan nilai proyek. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui berbagai nilai presentase selisih antara ownerestimate dengan harga penawaran yang diberikan kontraktor serta melihat pola hubungan antara owner estimate dengan harga penawaran. Penelitian ini menggunakan analisis korelasi dengan mengambil data penawaran pelelangan. Dari 32 data dilakukan perhitungan presentase Apenawaran serta analisis korelasi untuk mengetahui keterkaitan hubungan antara owner estimate dengan harga penawaran. Hasil dari perhitungan menyatakan bahwa Apenawaran untuk kelas proyek K3 mempunyai Apenawaran yaitu 0,025% sampai 0,082%, kelas K2 mempunyai Apenawaran 0,007% sampai 0,058% dan kelas Kl mempunyai Apenawaran 0,0077% sampai 35%. Sedangkan Apenawaran untuk kelas proyek M2 mempunyai Apenawaran sebesar 0,358% sampai 8,943% dan kelas Ml mempunyai Apenawaran sebesar 2,062% sampai 5,2%. Hubungan yang dibentuk antara penawaran dan owner estimate berbentuk regresi linier yang membentuk hubungan yang positif. Artinya adanya kenaikan nilai owner estimate maka diikuti pula dengan kenaikan harga penawaran.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStudi Strategi Penawaran Kompetitifen_US
dc.subjectProyek Bina Margaen_US
dc.subjectPropinsi Kalimantan Tengahen_US
dc.subject(Studi Kasus di Kabupaten Sukamaraen_US
dc.subjectKabupaten Kotawaringin Baraten_US
dc.titleStudi Strategi Penawaran Kompetitif pada Proyek Bina Marga di Propinsi Kalimantan Tengah (Studi Kasus di Kabupaten Sukamara, Kabupaten Kotawaringin Barat dan Propinsi Kalimantan Tengah)en_US
dc.Identifier.NIM03511042


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record