Persepsi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Tentang Peran Dosen Pembimbing Akademik
Abstract
Salah satu hambatan dalam keberhasilan pembelajaran di
Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia adalah stres psikologis yang
meningkat yang disebabkan oleh tugas yang banyak, masalah finansial, ujian
maupun aturan yang harus dipenuhi agar dapat memenuhi syarat ujian tersebut,
hadirnya dosen saat ujian berlangsung, serta masalah-masalah yang dialami
mahasiswa tersebut diluar pembelajaran Fakultas Kedokteran Universitas Islam
Indonesia. Stres yang berat dapat mengurangi efektivitas dan produktivitas
mahasiswa dalam lingkungan belajar. Untuk mendapatkan pendidikan dalam
pembelajarannya selama di FK UII diperlukan pembimbing akademik. Mahasiswa
yang memiliki masalah dapat bertemu dengan pembimbing akademik, tetapi
bimbingan selama ini kurang terlaksana dengan baik.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi
mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia tentang peran dosen
pembimbing akademik.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
metode pengumpulan data secara indepth interview. Narasumber penelitian ini
adalah mahasiswa dan dosen pembimbing akademik Fakultas Kedokteran
Universitas Islam Indonesia. Data dianalisis dengan tahapan reduksi, kategorisasi,
sintesis data dan penyusunan hipotesis kerja.
Hasil: Peran dosen pembimbing akademik dari persepsi mahasiswa masih kurang,
mahasiswa masih kurang memanfaatkan fasilitas konsultasi konseling dengan
dosen pembimbing akademik. Namun, terdapat peningkatan dalam prestasi belajar
dari mahasiswa yang berkonsultasi dengan dosen pembimbing akademik setelah
mendapatkan motivasi.
Kesimpulan: Rendahnya kualitas penerapan program pembimbingan akademik
menjadi penyebab utama kurangnya tingkat intensitas pertemuan antara
mahasiswa dengan dosen pembimbing akademik.
Collections
- Medical Education [2284]