Show simple item record

dc.contributor.advisordr. Ummatul Khoiriyah.
dc.contributor.authorIrsyad, Muhammad 09711315
dc.contributor.authorrsyad, Muhammad
dc.date.accessioned2020-12-21T02:29:33Z
dc.date.available2020-12-21T02:29:33Z
dc.date.issued2013-09-12
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/26031
dc.description.abstractSalah satu hambatan dalam keberhasilan pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia adalah stres psikologis yang meningkat yang disebabkan oleh tugas yang banyak, masalah finansial, ujian maupun aturan yang harus dipenuhi agar dapat memenuhi syarat ujian tersebut, hadirnya dosen saat ujian berlangsung, serta masalah-masalah yang dialami mahasiswa tersebut diluar pembelajaran Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. Stres yang berat dapat mengurangi efektivitas dan produktivitas mahasiswa dalam lingkungan belajar. Untuk mendapatkan pendidikan dalam pembelajarannya selama di FK UII diperlukan pembimbing akademik. Mahasiswa yang memiliki masalah dapat bertemu dengan pembimbing akademik, tetapi bimbingan selama ini kurang terlaksana dengan baik. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia tentang peran dosen pembimbing akademik. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data secara indepth interview. Narasumber penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen pembimbing akademik Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. Data dianalisis dengan tahapan reduksi, kategorisasi, sintesis data dan penyusunan hipotesis kerja. Hasil: Peran dosen pembimbing akademik dari persepsi mahasiswa masih kurang, mahasiswa masih kurang memanfaatkan fasilitas konsultasi konseling dengan dosen pembimbing akademik. Namun, terdapat peningkatan dalam prestasi belajar dari mahasiswa yang berkonsultasi dengan dosen pembimbing akademik setelah mendapatkan motivasi. Kesimpulan: Rendahnya kualitas penerapan program pembimbingan akademik menjadi penyebab utama kurangnya tingkat intensitas pertemuan antara mahasiswa dengan dosen pembimbing akademik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectdosen pembimbing akademiken_US
dc.subjectPersepsien_US
dc.titlePersepsi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Tentang Peran Dosen Pembimbing Akademiken_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM09711315


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record