Hubungan Iklan Susu Formula Terhadap Motivasi Ibu Untuk Memberikan Asi Ekslusif Di Kelurahan Wonokeling, Kecamatan Jatiyoso,Kabupaten Karanganyar.
Abstract
Banyak faktor ikut mempengaruhi perilaku ibu untuk
memberikan ASI Eksklusif, diantaranya adalah akibat dari iklan susu formula.
Iklan susu formula di berbagai media dapat menimbulkan kesan seolah-olah susu
formula mempnuai kandungan lebih baik atau menyamai ASI sehingga dapat
menggantikan fungsi ASI.
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan iklan susu formula dengan motivasi ibu
memberikan ASI Eksklusif
Metode : Rancangan Penelitian merupakan cross sectional study. Populasi
penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki bayi usia 0-18 bulan di wilayah
Desa Wonokeling, Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar. Jumlah ibu
dengan bayi yang memenuhi usia ini adalah sebanyak 53 orang. Variabel-variabel
dalam penelitian adalah (1) Variabel bebas: Iklan Susu Formula dan (2) Variabel
tergantung: Motivasi Ibu Memberikan ASI Ekslusif. Penelitian ini menggunakan
data primer yang diambil dari kuesioner.Instrumen atau alat ukur data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Untuk uji validitas dilakukan
dengan bantuan komputer program SPSS for window versi 17.0 dengan korelasi
product moment dari Karl Pearson.sedangkan pengujian reliabilitas menggunakan
pendekatan konsistensi internal berdasarkan data dari sekali pengenaan suatu alat
ukur terhadap sekelompok subyek. Metode analisis dalam penelitian ini adalah uji
Chi Square.
Hasil : Terdapat hubungan antara paparan iklan susu formula dengan motivasi ibu
menyusui eksklusif yang ditunjukkan oleh nilai p uji χ2 = 0,015; p< 0,05 yang
berarti bahwa besarnya frekuensi kedua kelompok paparan iklan susu formula,
dan motivasi dalam menyusui eksklusif terdapat hubungan yang bermakna.
Simpulan : adanya hubungan antara iklan susu formula dengan motivasi ibu
menyusui di wilayah Desa Wonokeling, Kecamatan Jatiyoso Kabupaten
Karanganyar
Collections
- Medical Education [2284]