Show simple item record

dc.contributor.advisordrg.Punik
dc.contributor.authorIndriaswati, Tri
dc.date.accessioned2020-12-10T03:22:37Z
dc.date.available2020-12-10T03:22:37Z
dc.date.issued2012-10-30
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/25763
dc.description.abstractBanyak faktor ikut mempengaruhi perilaku ibu untuk memberikan ASI Eksklusif, diantaranya adalah akibat dari iklan susu formula. Iklan susu formula di berbagai media dapat menimbulkan kesan seolah-olah susu formula mempnuai kandungan lebih baik atau menyamai ASI sehingga dapat menggantikan fungsi ASI. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan iklan susu formula dengan motivasi ibu memberikan ASI Eksklusif Metode : Rancangan Penelitian merupakan cross sectional study. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki bayi usia 0-18 bulan di wilayah Desa Wonokeling, Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar. Jumlah ibu dengan bayi yang memenuhi usia ini adalah sebanyak 53 orang. Variabel-variabel dalam penelitian adalah (1) Variabel bebas: Iklan Susu Formula dan (2) Variabel tergantung: Motivasi Ibu Memberikan ASI Ekslusif. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari kuesioner.Instrumen atau alat ukur data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Untuk uji validitas dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS for window versi 17.0 dengan korelasi product moment dari Karl Pearson.sedangkan pengujian reliabilitas menggunakan pendekatan konsistensi internal berdasarkan data dari sekali pengenaan suatu alat ukur terhadap sekelompok subyek. Metode analisis dalam penelitian ini adalah uji Chi Square. Hasil : Terdapat hubungan antara paparan iklan susu formula dengan motivasi ibu menyusui eksklusif yang ditunjukkan oleh nilai p uji χ2 = 0,015; p< 0,05 yang berarti bahwa besarnya frekuensi kedua kelompok paparan iklan susu formula, dan motivasi dalam menyusui eksklusif terdapat hubungan yang bermakna. Simpulan : adanya hubungan antara iklan susu formula dengan motivasi ibu menyusui di wilayah Desa Wonokeling, Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyaren_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectASI Eksklusifen_US
dc.subjectMotivasi Ibu Menyusuien_US
dc.subjectIklan Susu Formulaen_US
dc.titleHubungan Iklan Susu Formula Terhadap Motivasi Ibu Untuk Memberikan Asi Ekslusif Di Kelurahan Wonokeling, Kecamatan Jatiyoso,Kabupaten Karanganyar.en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM09711125


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record