Pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Turnover Intention dengan Organizational Based Self-Esteem Sebagai Variabel Moderating ( Studi PadaKantor Akuntan Publik Wilayah Surakarta danYogyakarta)
Abstract
Penelitian mengenai pengaruh komitmen organisasi terhadap turnover
intention dengan organizational-base self-esteem sebagai variabel moderating ini
dilaksanakan dengan melakukan studi pada Kantor Akuntan Publik yang berada di
wilayah Surakarta dan Yogyakarta. Pada penelitian ini metode pengumpulan
data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Metode
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan analisis korelasi
berganda, sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah uji parsial.
Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel komitmen
organisasi mempunyai pengaruh yang signifikan dan negatif terhadap turnover
intention. Variabel komitmen organisasi dengan organizational-based self-esteem
sebagai variabel moderating mempunyai pengaruh yang signifikan dan negatif
terhadap turnover intention.
Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah variabel -
variabel lain yang mempengaruhi turnover intention sehingga mendapatkan hasil
yang lebih baik.
Collections
- Akuntansi [4509]