Show simple item record

dc.contributor.advisorR. Abdul Djalal
dc.contributor.authorRininta Karuniawati, 01522314
dc.date.accessioned2020-10-09T01:48:01Z
dc.date.available2020-10-09T01:48:01Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/24504
dc.description.abstractDewasa ini persaingan antar stasiun radio semakin ketat, dengan bermunculannya stasiun-stasiun radio baru, terutama di Jogjajakarta. Hal ini berdampak pada persaingan untuk mendapatkan pendengar lebih banyak. Jumlah pendengar adalah parameter untuk penentuan rating sebuah stasiun radio. Pengaruh banyaknya pendengar ini adalah pada kepercayaan klien untuk placement iklan pada sebuah stasiun radio, karena pendapatan utama bagi radio komersial adalah iklan. Oleh karena itu, setiap stasiun radio perlu mengetahui keinginan pendengar agar loyal dan menarik pendengar lebih banyak Penelitian dilakukan berdasarkan teori Customer Relationship Managemen tentang ekspektasi pelanggan dan Analisa Keputusan tentang Proses Hirarki Analitik (PHA) untuk mengetahui preferensi pendengar terhadap atribut program. Penehtian dilakukan pada program Morning Show "Lepas Landas" dengan jam tayang Senin - Jumat (07.00 - 10.00 wib). Pengumpulan data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 70 responden, yaitu pendengar dengan usia 18 - 30 tahun baik laki-laki maupun perempuan di Yogyakarta. Untuk menjaga konsistensi jawaban responden dilakukan pengujian rasio konsistensi pada keseluruhan responden. Analisis selanjutnya adalah perhitungan bobot prioritas masing-masing atribut dan sub atribut. Hasil penelitian ini juga digunakan untuk usulan desain program. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa atribut yang mendapat prioritas paling tinggi pada program Morning Show "Lepas Landas" ini adalah Lagu dengan bobot prioritas 0.461105, prioritas kedua adalah Informasi dengan bobot prioritas 0.328455, prioritas ketiga adalah Penyiar dengan bobot prioritas 0.11754, dan prioritas terakhir adalah Interaktif dengan bobot 0.0929. Pada masing-masing sub atribut prioritas dari yang tertinggi ke terendah secara berurutan sebagai berikut. Sub atribut lagu: manca hits & new entry, indonesia hits & new entry, manca after hits dan indonesia after hits; Sub atribut informasi: life style, info ringan inspiratif & fun, news, showbiz dan IPTEK ; Sub atribut penyiar: fun & smart, fun & funky dan calm & wise; Sub atribut interaktif. joke & fun, request lagu, sharing & curhat dan serious opinion.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectProgram Radioen_US
dc.subjectPreferensi Pendengaren_US
dc.subjectProses Hirarki Analitik (PHA)en_US
dc.titleAnalisis dan Desain Program Siaran Radio Berdasarkan Preferensi Pendengar terhadap Atribut Program (Studi Kasus di Radio Swaragama 101,7 FM Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM01522314


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record