Analisis dan Desain Program Siaran Radio Berdasarkan Preferensi Pendengar terhadap Atribut Program (Studi Kasus di Radio Swaragama 101,7 FM Yogyakarta)
Abstract
Dewasa ini persaingan antar stasiun radio semakin ketat, dengan
bermunculannya stasiun-stasiun radio baru, terutama di Jogjajakarta. Hal ini
berdampak pada persaingan untuk mendapatkan pendengar lebih banyak. Jumlah
pendengar adalah parameter untuk penentuan rating sebuah stasiun radio.
Pengaruh banyaknya pendengar ini adalah pada kepercayaan klien untuk
placement iklan pada sebuah stasiun radio, karena pendapatan utama bagi radio
komersial adalah iklan. Oleh karena itu, setiap stasiun radio perlu mengetahui
keinginan pendengar agar loyal dan menarik pendengar lebih banyak
Penelitian dilakukan berdasarkan teori Customer Relationship Managemen
tentang ekspektasi pelanggan dan Analisa Keputusan tentang Proses Hirarki
Analitik (PHA) untuk mengetahui preferensi pendengar terhadap atribut program.
Penehtian dilakukan pada program Morning Show "Lepas Landas" dengan jam
tayang Senin - Jumat (07.00 - 10.00 wib). Pengumpulan data diperoleh dengan
menyebarkan kuesioner kepada 70 responden, yaitu pendengar dengan usia 18 -
30 tahun baik laki-laki maupun perempuan di Yogyakarta. Untuk menjaga
konsistensi jawaban responden dilakukan pengujian rasio konsistensi pada
keseluruhan responden. Analisis selanjutnya adalah perhitungan bobot prioritas
masing-masing atribut dan sub atribut. Hasil penelitian ini juga digunakan untuk
usulan desain program.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa atribut yang mendapat
prioritas paling tinggi pada program Morning Show "Lepas Landas" ini adalah
Lagu dengan bobot prioritas 0.461105, prioritas kedua adalah Informasi dengan
bobot prioritas 0.328455, prioritas ketiga adalah Penyiar dengan bobot prioritas
0.11754, dan prioritas terakhir adalah Interaktif dengan bobot 0.0929. Pada
masing-masing sub atribut prioritas dari yang tertinggi ke terendah secara
berurutan sebagai berikut. Sub atribut lagu: manca hits & new entry, indonesia
hits & new entry, manca after hits dan indonesia after hits; Sub atribut informasi:
life style, info ringan inspiratif & fun, news, showbiz dan IPTEK ; Sub atribut
penyiar: fun & smart, fun & funky dan calm & wise; Sub atribut interaktif. joke &
fun, request lagu, sharing & curhat dan serious opinion.
Collections
- Industrial Engineering [2224]