Show simple item record

dc.contributor.advisorSri Haningsih
dc.contributor.authorAli Rohani, 16422076
dc.date.accessioned2020-09-11T12:10:05Z
dc.date.available2020-09-11T12:10:05Z
dc.date.issued2020-07-07
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/23925
dc.description.abstractBanyak lembaga-lembaga pendidikan yang mengajarkan untuk menghafal Al Qur’an, tetapi masih sering dijumpai kelemahan dan kekurangan yang ada di lembaga tersebut. Di antara lembaga itu adalah pondok pesantren hamalatul quran II sleman. Di pesantren ini menerapkan program percepatan tahfidzul quran bagi santri kelas VIII. Meskipun demikian ada beberapa permasalahan yang ada di program tersebut seperti pengajar kurang disiplin dan santri malas menghafal al qur’an. Tujuan utama penelitian ini adalah mendiskripsikan tentang pelaksanaan manajemen kelas dalam program tahfidz Al-Qur’an di kelas VIII Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an II Sleman serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitiannya adalah manajemen kelas dalam program tahfidz al qur’an di kelas VIII pondok pesantren hamalatul quran II sleman. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing. Kesimpulan hasil dari penelitian ini adalah manajemen kelas dalam program tahfidz al quran di kelas VIII pondok pesantren hamalatul quran sesuai dengan teori dan berjalan dengan cukup baik. Faktor pendukung dari manajemen kelas dalam program tahfidz al quran di kelas VIII antara lain yaitu: waktu yang banyak untuk menghafal, kelompok halaqah yang kondusif, adanya reward, serta tempat menghafal yang nyaman. Adapun faktor penghambatnya ada dua hal: pertama, berasal dari musyrif terkadang musyrif malas dan juga datang terlambat, kedua, berasal dari santri yang beberapa anak memiliki rasa malas yang susah untuk di perbaiki serta ada juga santri yang susah untuk mengikuti program yang ada dikarenakan kemampuannya bukan karena malas.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectmanajemenen_US
dc.subjectkelasen_US
dc.subjectprogramen_US
dc.subjecttahfidzen_US
dc.subjectpondoken_US
dc.titleManajemen Kelas dalam Program Tahfidz Al-Qur’an di Kelas VIII Pondok Pesantren Hamalatul Quran II Slemanen_US
dc.Identifier.NIM16422076


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record