Demistifikasi Dalam Jurnal Risa (Diskursus Mistisisme dalam Beberapa Konten Youtube Jurnalrisa)
Abstract
Pratiwi, Dika Adityas. (2020). Demistifikasi dalam Jurnal Risa (Diskursus Mistisisme dalam Beberapa Konten Youtube Jurnalrisa). (Skripsi Sarjana). Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia.
Jurnalrisa adalah salah satu channnel Youtube dengan lebih dari 3 juta subscriber yang dibuat oleh seorang penulis novel mistis, Risa Saraswati. Konten yang dihadirkan berupa visualisasi dari buku dan cerita mengenai pengalaman supranatural selama hidupnya dengan pengemasan yang unik dan cara penyampaian pesan yang menyenangkan, sehingga tidak menimbulkan kesan menyeramkan. Selain itu, Risa juga mengusung unsur kekeluargaan yang hangat dan menjadi salah satu alasan iconic yang dihadirkan. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk mengulik mengenai bagaimana mistisisme yang dihadirkan oleh Risa dalam setiap konten Youtube nya.
Untuk mengulik secara mendalam, penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif kritis dengan metode analisis wacana kritis dari Norman Fairclough. Kualitatis kritis digunakan untuk menghasilkan data deskriptif, berupa tulisan, ucapan, maupun perilaku yang dapat diamati. Analisis wacana kritis untuk menelisik aspek kebahasaan dan konteks-konteks yang terkait dengan aspek tersebut. Tinjauan teoritis yang digunakan adalah konsep mistisisme dan teori realisme magis, serta dekonstruksi Derrida untuk membongkar fenomena mistis yang berusaha dihadirkan oleh Risa. Analisis wacana kritis Norman Fairclough juga digunakan untuk mengetahui apakah penggunaan aspek kebahasaan tersebut digunakan untuk tujuan dan praktik tertentu.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah Risa Saraswati melakukan demistifikasi dengan merepresentasikan mistis sebagai suatu yang realistis, dengan memadukan antara realisme dan magis pada pengemasan bahasa yang digunakan. Konstruksi identitas indigo Risa dibangun melalui wacana mistisisme tersebut. Kepercayaan yang timbul dari para penontonnya akibat dari adanya konsumsi teks yang dihadirkan serta relasi yang dibangun oleh Risa, menimbulkan unsur kekuasaan dan kepentingan ekonomi seperti endorsment, promosi bisnis, menjaring iklan, dsb.
Collections
- Communication [943]