Show simple item record

dc.contributor.advisorMutia Dewi
dc.contributor.authorGebrina Rizky Sepnadin, 16321080
dc.date.accessioned2020-09-02T02:18:47Z
dc.date.available2020-09-02T02:18:47Z
dc.date.issued2020-06-24
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/23665
dc.description.abstractSepnadin, Gebrina ( 2020). Analisis Manajemen E-Tourism Sebagai Sarana Promosi di Desa Wisata Pulesari. Program Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. Adanya desa wisata dalam pembangunan wisata di Negeri ini sudah berperan penting, desa wisata bisa menunjukkan wisata yang lebih praktis dalam berwisata. Pengelola desa wisata Pulesari dalam mempromosikan desa menggunakan internet atau biasa disebut e-tourism. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi agar meningkatkan dalam bidang pariwisata dan memberikan layanan pariwisata untuk memudahkan akses pengunjung. Penerapan dalam sistem e-tourism juga memberikan sebuah informasi tentang objek wisata serta paket wisata dan komponen-komponen pendukung melalui website dan media sosial yang lebih interaktif dengan wisatawan untuk mendapatkan informasi Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana manajemen e-tourism yang dilakukan pengelola dalam mempromosikan desa wisata Pulesari dan faktor pendukung dan penghambat dengan adanya manajemen e-tourism di desa wisata Pulesari. Metode yang digunakan yaitu menggunakan jenis dan pendekatan kualitatif agar bisa memperoleh jawaban dengan baik dari narasumber dan sesuai dengan yang diharapkan melalui proses wawancara. Penelitian ini menggunakan konsep manajemen yang berfokus pada enam unsur manajemen ( manusia, material, mesin, metode, uang dan pasar) dan empat proses manajemen ( perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan), konsep e-tourism ( empat karakteristik mengembangkan e-tourism dan tiga konsep dasar e-tourism ,dan analisis SWOT. Penelitian ini menghasilkan manajemen e-tourism pada desa wisata Pulesari dimulai dari proses perencanaan dengan membuat akun media sosial dan website sebagai sarana promosi desa yang pada tahun 2012 baru memulai menjadi desa wisata. Dalam proses pengorganisasian lebih tertuju untuk mengelola sistem, menetapkan tugas serta prosedur dan penetapan struktur organisasi. Dalam pelaksanaannya dengan menggunakan website desawisatapulesari.wordpress.com, dan media sosial facebook desawisatapulesari, instagram desawisatapulesari, dan twitter @Wisatapulesari, berjalan sangat efektif selalu memberikan informasi mengenai desa, serta pengunjung mudah mendapatkan informasi mengenai desa wisata, dan bisa mengisi form pemesanan tempat secara online lengkap dengan paket wisata yang tersedia. Dan proses pengawasan dilakukan dengan controlling dari penanggung jawab masing-masing yang sudah ditetapkan, serta melakukan evaluasi setiap satu bulan sekali yang diharapkan bisa memperbaiki kesalahan yang sebelumnya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectManajemenen_US
dc.subjectE-Tourismen_US
dc.titleAnalisis Manajemen E-Tourism sebagai Sarana Promosi di Desa Wisata Pulesarien_US
dc.Identifier.NIM16321080


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record